Beranda INFO PUBLIK

INFO PUBLIK

Menunggu Bunga Bangkai Suweg Mengembang di Magelang

KopiPagi MAGELANG : Pengelola destinasi wisata Museum Alam Marmer Indonesia di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dikejutkan dengan keberadaan bunga bangkai suwek. Dikonsumsi warga.

Bunga bangkai suwek ini tumbuh di pinggir jalan menuju Museum Alam Marmer Indonesia. Adapun bunga bangkai ini ada tiga, dua di antaranya lebih besar dan satu yang kecil. Ketiga bunga bangkai itu tumbuh berdekatan.

Istimewanya, bunga angkai suwek ini justru dikonsumsi masyarakat sekitar.

“Kami mengetahui keberadaan bungai bangkai suwek ini kemarin sore. Sebenarnya, bunga bangkai di Museum Alam Marmer Indonesia ini adalah menjadi salah satu tanaman endemik di sini. Orang sini menyebutnya suwek itu menjadi salah satu makanan khas yang ada di kawasan lereng Menoreh,” kata Soim, salah satu pengelola Museum Alam Marmer Indonesia saat ditemui di lokasi, Sabtu (07/11/2020).

Suwek atau umbi dari bunga bangkai itu, kata dia, bisa dijadikan bermacam-macam olahan dan menjadi makanan tradisional sebelum banyaknya makanan modern seperti sekarang ini. Kendati sekarang sudah banyak makanan modern, masyarakat setempat masih banyak yang memelihara suwek.

Sebelum banyaknya makanan modern seperti saat ini, masyarakat sini tetap memelihara suwek dengan baik dan bagus. Bahkan di tren saat ini, bunga bangkai yang memang menjadi bunga langka karena setahun hanya muncul sekali dan tidak semua batang bisa menghasilkan bunga itu menjadi daya tarik pengunjung tersendiri,” tuturnya.

Soim menambahkan foto bunga bangkai tersebut yang kemudian diposting di medsos oleh teman-teman pengelola menjadi sebuah daya tarik. Netizen menanyakan keberadaan bunga bangkai tersebut.

“Ketika teman-teman pengelola, bunga bangkai tersebut terkadang hanya dengan diposting melalui Instagram, Facebook maupun melalui status WA ternyata juga menjadi sebuah daya tarik,” tuturnya.

Salah satu pengunjung, Alfin Junud (22), mengaku baru kali pertama melihat keberadaan bungai bangkai suwek ini. Ia yang bersama temannya sedang ada acara, kemudian melihatnya.

“Tahunya dari postingan di Instagram, terus tertarik datang. Coba-coba pingin lihat karena memang sebelumnya belum pernah melihat. Ya kebetulan baru ada kegiatan disini (Magelang), terus nonton karena baru ada bunganya,” kata Alfin yang datang bersama dua temannya.