Connect with us

REGIONAL

Pansus DPRD Sumut Kunker di Kab. Simalungun : Bahas Raperda Parawisata

Published

on

SIMALUNGUN | KopiPagiPanitia Khusus (Pansus) DPRD Sumatera Utara (Sumut) Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Simalungun, dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang standar Penyelenggaraan Pariwisata di Sumut. melakukan Kunjungan, Senin (11-09-2023).

Kehadiran Pansus DPRD Sumut di Kabupaten Simalungun didampingi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Budparekraf) Sumatera Utara, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dukcapil serta Biro Hukum Sekretariat Provsu, yang di sambut dengan baik oleh Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun.

Wakil Bupati dalam menyambutan rombongan Pansus DPRD Sumut itu, Wakil Bupati H Zonny Waldi didampingi Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani bersama Sekda Esron Sinaga, Asisten Administrasi Umum Akmal H Siregar,  staf dan sejumlah pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Simalungun.

Pansus DPRD Sumut Kunker di Kabupaten Simalungun untuk menghimpun masukan terkait penyusunan Ranperda  tentang Standar Penyelenggaraan Pariwisata di Provinsi. Sumut.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani dalam sambutannya menyampaikan,  bahwa pihaknya sangat menyambut baik atas kunjungan Pansus DPRD Sumut terkait penyusunan Renperda tentang Standart Penyelenggaraan Pariwisata di Prov. Sumut.

Timbul menyampaikan, Kabupaten Simalungun menjadi salah satu tujuan Strategis Nasional yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Banyak potensi wisata di Kabupaten Simalungun dan harus kita perhatikan, dari berbagai fasilitas yang ada khususnya yang kewenangan Provinsi, dalam rangka mendukung ke pariwitaan itu sendiri, khususnya infrastruktur dan berbagai pelayanan lain nya” kata Timbul.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun H Zonny waldi dalam sambutanya menjelaskan bahwa, Kabupaten Simalungun memiliki kurang lebih 161 objek wisata yang tersebar di 32 Kecamatan.

“Dampak pendemi covid yang lalu sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi terutama di sektor pariwisata. Namun dengan kolaborasi yang baik pemerintah dengan stakeholder, mampu mengatasi pandemi dan berdampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawah di Kabupaten Simalungun,” kata Wakil Bupati.

Menurut H Zonny waldi, dari catatan Statistik terjadi kenaikan pada Tahun 2022 sebesar kurang lebih 250% dari yang sebelum nya 371.159 orang di Tahun 2021 menjadi 1.825.410 pengunjung di tahun 2022.

Wakil Bupati berharap, konektivitas antar daerah destinasi pariwisata yang ada di Sumut dengan pengelola pariwisata di Pulau Bali kiranya dapat terjalin dengan baik untuk kemajuan pariwisata di Prov. Sumut.

“Dinas Pariwisata Provinsi kiranya dapat menjembatani antara pengelola pariwisata yang ada di Pulau Bali dengan pengelola pariwisata di Kawasan Danau Toba guna untuk memajukan pariwisata di kawasan Danau Toba,”sebut Wakil Bupati.

Rombongan Pansus DPRD Sumut yang melakukan Kunker di Kabupaten Simalungun dipimpin langsung Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, bersama Ahmad Fauzan selaku wakil ketua Pansus.

Sedangkan Anggota Pansus terdiri dari Rudy Hermanto, Pantur Banjarnahor, F. Partogi Wijaya Sirait, Sri Kumala, Iskandar Sinaga, Dr. Mustapa Kamil Adam, Muhammad Gandhi Faisal Siregar, Akhiruddin, Irwan Simamora dan H. Darwin.

Kepada Pansus DPRD Sumut, Pemkab Simalungun memberikan cendramata berupa souvenir khas daerah Simalungun yakni Stola Habonaron Do Bona yang di sematkan langsung oleh Wakil Bupati Simalungun dan pemberian plakat daerah.*Kop

Editor: Nilson Pakpahan

Exit mobile version