Connect with us

NASIONAL

Terkait Jalur PPDB Siluman, Ketua MPR RI : Tindak Tegas Siapa pun yang Berperan

Published

on

CAPTION : Ilustrasi PPDB. Ist.

JAKARTA | KopiPagi : Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB merupakan agenda tahunan di tiap sekolah-sekolah negeri di Indonesia yang dilakukan melalui empat jalur utama, yaitu zonasi, afirmasi, pindah orang tua, dan prestasi. Namun  ada jalur lain yang dikenal dengan istilah “jalur Siluman”.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam respon tetulisnya, Senin (24/06/2024), meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi atau Kemdikbudristek untuk mengevaluasi dan segera menindak tegas oknum yang berperan dalam PPDB jalur Siluman tersebut.

Kemdikbudristek, lanjut Bamsoet, untuk menutup berbagai celah yang memungkinkan untuk dilakukannya pelanggaran, seperti jalur siluman tersebut, agar ke depannya tidak ada lagi celah dilakukannya kecurangan, sebab bertentangan dengan prinsip dan regulasi yang berlaku.

Selain itu Kemdikbudristek agar memastikan PPDB sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Kemristek Dikti Nomor 47 Tahun 2023, dan berkomitmen untuk mematuhi aturan tersebut. Hal itu dikarenakan aturan tersebut sering dilanggar karena sistem data pokok pendidikan atau dapodik tidak dikunci sesuai dengan aturan maksimal jumlah murid, yang menjadi pemicu adanya penerimaan peserta didik baru melalui jalur Siluman.

Bamsoet menekankan agar pemerintah, dalam hal ini Kemdikbudristek, berlaku jujur dan adil dalam PPDB. Dikarenakan PPDB jalur Siluman membawa berbagai dampak negatif bagi pihak sekolah, terutama kepala sekolah dan guru, menjadi sangat terbebani. *Kop.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *