Connect with us

MEGAPOLITAN

Layak Diapresiasi : Kejari Kab. Tangerang Bangun 25 Unit Jamban Sehat

Published

on

TANGERANG | KopiPagi : Kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang, layak diapresiasi. Tak hanya dalam penegakan hukum, Korps Adhyaksa yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Tangerang, Ricky Tommy Hasiholan, menginisiasi pembangunan 25 Unit Jamban Sehat di Desa Tegal Angus, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Pembangunan jamban sehat ini sebagai bentuk gotong royong dan kepedulian sosial untuk penurunan stunting.

Kajari Kabupaten Tangerang Ricky Tommy Hasiholan menyebut, selain bentuk percepatan penurunan stunting, pembangunan jamban sehat juga untuk menyegerakan pencapaian 100 persen bebas buang air besar sembarangan atau open defecation free (ODF).

Stunting disebut menjadi ancaman serius bagi pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

“Kami berharap dengan adanya pembangunan sarana jamban sehat ini akan membantu mempercepat penurunan stunting di wilayah kami. Kerja sama dan dukungan dari berbagai pihak sangatlah penting untuk keberhasilan program ini,” kata Ricky Senin (24/6/2024).

Ricky mengatakan penurunan stunting memerlukan kerja sama lintas sektor.

Menurutnya, upaya pembangunan 25 jamban sehat menjadi upaya pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

“Oleh karena itu, Kejari Kabupaten Tangerang berkolaborasi dengan Pemda Kabupaten Tangerang dan berbagai mitra pembangunan termasuk dunia usaha dan sektor usaha,” ucapnya.

Pembangunan 25 jamban sehat akan rampung dalam waktu tiga minggu ke depan.

Penerima yang juga menerima bantuan sosial akan segera memiliki jamban sehat sebagai penerima bantuan sanitasi.

“Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan bakti sosial berupa pemberian sembako kepada 25 penerima bantuan sanitasi,” ujar Ricky.

Sementara itu, Kades Tegal Angus M Jabalnur menyebut APBDes sudah dimaksimalkan untuk mengatasi pembangunan jamban untuk warga tidak mampu.

Namun, karena keterbatasan anggaran, apa yang diinisiasi Kejari Kabupaten Tangerang bisa mempercepat penanganan stunting.

“Pelaksanaan kegiatan ini benar-benar membantu masyarakat yang tidak mampu untuk membangun sanitasi di rumahnya secara swadaya,” kata Jabalnur. *Kop/berbagai sumber.

Editor : Syamsuri.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *