Beranda KANDIDAT Syafrudin Budiman Masuk Caleg DPR RI Dapil Jakarta II : Gantikan Puput...

Syafrudin Budiman Masuk Caleg DPR RI Dapil Jakarta II : Gantikan Puput Novel

153
0
Istimewa
JAKARTA | KopiPagi : Ketua Umum Perhimpunan UKM Indonesia Syafrudin Budiman SIP menggeser posisi artis beken Puput Novel dari Daftar Calon Tetap (DCT) Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Dapil DKI Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri). Tokoh Intelektual Muda Muhammadiyah ini sebelumnya masuk Daftar Calon Sementara (DCS) Dapil DKI Jakarta I Jakarta Timur yang juga pindah Dapil DKI Jakarta II.
Syafrudin Budiman sebelumnya sudah bekerja selama 15 bulan sejak Agusrus 2022 sampai 1 Oktober 2023 di Dapil DKI Jakarta I Jakarta Timur. Namun, karena perintah dan Surat Keputusan KPPN PAN Nomor: PAN/KPPN/A/Kpts/K-S/012/X/2023 tertanggal 2 Oktober 2023 ditanda-tangani Ketua Yandri Susanto dan Slamet N.A. Effendy, sosok Syafrudin Budiman ditempatkan di Dapil DKI Jakarta II Nomer Urut 5.
Adapun PAN Caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri) diantara ada nama Mantan Menpora Adhyaksa Dault, artis hiburan/presenter Uya Kuya dan artis hiburan/presnter Lula Kamal, serta Dian Islamiati Fatwa dan Eko Indra Jaya di Dapil tersebut.
“Ya saya dipindah atau digeser ke Dapil DKI Jakarta II Jaksel, Jakpus dan Luar Negeri. Berdasarkan data DCS KPU RI ada nama artis Puput Novel di Dapil DKI Jakarta II.Sebenarnya agak berat dipindah ke DKI Jakarta II, akan tetapi menerima dengan lapang dada keputusan Ketua Umum DPP PAN,” terang Gus Din sapaan akrab Syafrudin Budiman kepada media, Sabtu (14/10/2023).
Sebelumnya aktivis dan intelektual muda ini memiliki segudang pengalaman dalam organisasi pemuda, mahasiswa, ormas dan partai politik. Banyak perkaderan ia lewatinya sampai tingkat Paripurna, terutama di Perkaderan Kepemudaan, Partai Politik dan Ormas Muhammadiyah.
Syafrudin Budiman adalah Mantan Ketua Umum Partai UKM Indonesia yang bermetamorfosa Ketua Umum Ormas DPP Perhimpunan UKM Indonesia. Dirinya juga dikenal sebagai pengusaha dan konsultan nasional di bidang media, UMKM, Koperasi dan Perdagangan.
Gus Din sapaan akrabnya juga adalah Ketua Umum Relawan Jokowi Barisan Pembaharuan (BP) dan Ketua Dewan Pembina Relawan Erick Thohir (Relawan ETOR). Dirinya juga pernah menjadi Koordinator Media Rumah Aspirasi Rakyat Jokowi-Amin 01 Jl Proklamasi 46 Menteng Jakarta Pusat
Dirinya juga dikenal sebagai Aktivis Mahasiswa 98 asal Surabaya kelahiran Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur. Di intra kampus ia pernah menjadi Ketua I dan Bendahara Senat Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (SEMA-UWKS), Ketua Litbang BEM FISIP UWKS dan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi Ilmu Politik.
Dalam organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, ia pernah menjadi Ketua Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UWKS 2002-2003, Ketua Hikmah PC IMM Surabaya 2003-2004, Ketua Cartaker PC IMM Sumenep 2005-2006, Ketua Hikmah DPD IMM Jawa Timur 2004-2006 dan Ketua Bidang Sosek DPP IMM 2006-2008. Untuk Muhammadiyah ia pernah menjadi anggota Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah 2006-2008 (Ex-Officio) dan anggota Saudagar Muda Muhammadiyah Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah (2007).
Dari sisi Perkaderan Syafrudin Budiman SIP kader utama di Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) UWKS Surabaya 2001, Darul Arqom Paripurna DPP IMM 2004, Darul Arqom Paripurna PW Muhammadiyah Jawa Timur 2004, Kader Paripurna Majelis MPK PP Muhammadiyah 2007, Kader Paripurna PP PMB 2008 dan LKAU PAN 2013.
“Sebagai aktivis dan kader Angkatan Muda Muhammadiyah yang maju sebagai Caleg PAN PAN DPR RI Dapil DKI Jakarta II Jaksel, Jakpus dan Luar Negeri. Saya adalah satu-satunya orang Eksponen Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Pusat yang maju sebagai Caleg PAN DPR RI Dapil DKI Jakarta II,” ujar Sarjana Ilmu Politik Lulusan FISIP Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) ini.
Syafrudin Budiman juga mengatakan, PAN sangat memberikan perhatian besar terhadap UMKM. Hal itu terlihat ada banyak program PAN yang dikhususkan untuk pelaku UMKM di Indonesia. Saya mewakili PAN hadir untuk memperjuangkan pelaku UMKM yang memberikan dampak besar bagi ekonomi negara,” katanya.
Untuk diketahui, PAN mempunyai program yang diberi nama Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS). Program ini memberikan sarana maupun ruang untuk UMKM bisa meningkatkan penjualan produk yang dimiliki melalui festival musik. Lebih lanjut, sebagai Ketua Umum Ormas DPP Perhimpunan UKM Indonesia, dirinya dalam memperjuangan UMKM PAN ingin ada namanya perlindungan, untuk pelaku usaha agar lebih sejahtera.
“Dengan adanya perlindungan untuk UMKM ini, persaingan usaha akan menjadi lebih sehat ke depannya. Para pelaku UMKM, Koperasi dan Pedagang Kecil bisa berkembang maju ke depannya,” tutur Gus Din.
Bagi Syafrudin yang bergelut sebagai Pengusaha dan Konsultan Media ini menjelaskan bahwa, besar harapan keinginan bagi pelaku UMKM ini, dapat terwujud kesejahteraaan dan kemakmuran yang adil. Kata dia, PAN optimis dengan memberdayakan UMKM maka perekonomian masyarakat, daerah dan negara akan menjadi lebih kuat ke depannya.
“Jika saya terpilih sebagai DPR RI perjuangan pelaku UMKM, Koperasi dan Pedagang Kecil akan saya wujudkan untuk kesejahteraan bersama,” tegasnya.
Dalam persiapan kampanye Gus Din, mengusung isu kepedulian UMKM dan Kesejahteraan. Sebagai sosok yang lahir dari kalangan pengusaha dan UMKM ini akan hadir untuk memperjuangkan kalangan UMKM, Koperasi dan Pedagang secara politik dan ekonomi.
“Indonesia perlu Rancangan Undang-undang (RUU) Pemulihan Ekonomi Nasional paska pandemi Covid-19 dan restrukturisasi utang luar negeri. Selain itu perlu RUU Perlindungan UMKM, Koperasi dan Pedagang Kecil agar ada perlindungan dan kepedulian bagi pengusaha kecil dan menengah bisa berkembang maju,” ucap pria yang juga akan maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta 2024-2029 ini. *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here