Beranda MEGAPOLITAN Pasukan Hitam Pamdal Pasar Minggu Jaksel Bangkit

Pasukan Hitam Pamdal Pasar Minggu Jaksel Bangkit

104
0

Jakarta | KopiPagi : Seluruh warga dunia gegap gempita menunggu pergantian tahun sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pergantian tahun memang menjadi momen berkesan setiap tahunnya. Pasalnya, selama setahun penuh sudah banyak cerita yang terjadi di dalamnya.

B.Y.BASKORO

Bagi Pamdal Suku Dinas Pertamanan Dan Hutan Kota Jakarta Selatan, selama ini telah merasakan segala asam garam kehidupan dalam jangka waktu satu tahun.

Momen pergantian Tahun menjadikan momentum kumpul bersama dengan tema”Pamdal Pasar Minggu Satu, Pamdal Pasar Minggu Seru,”. Sebagai bagian wadah pemersatu dalam kebersamaan Pamdal Pasar Minggu secara bersama-sama menyambut pergantian Tahun 2022 – 2023. Dengan tetap menjalankan tugas pengamanan Malam Tahun Baru secara bersama-sama yang tergabung dalam Patroli Gabungan antara PJLP Perawatan dan PJLP Pengamanan Wilayah Pasar Minggu.

Pamdal Pasar Minggu Satu, Pasar Minggu Seru pun berjalan dengan cuaca cerah dan mendukung, ada banyak cerita yang telah terjadi, mulai yang sedih maupun bahagia.

Malam tahun baru 2022 pun menjadi sejarah Pamdal Kecamatan Pasar Minggu, karena 3 Personel Pamdal Purna Tugas diantara Ismail, Panirun dan Ramelan, ketiganya sudah tidak bisa lagi melanjutkan kontrak perpanjangan lantaran aturan Pj.Gubernur DKI Jakarta dengan batasan usia PJLP DKI Jakarta adalah 56 tahun.

Perjalanan panjang para Pasukan Hitam Pengamanan (Pamdal,red) Taman dan Jalur di Wilayah Pasar Minggu ini tidak pernah lelah, tidak pernah mengeluh apalagi mengaduh. Jiwa korsa dan kebersamaan diantara mereka pun sangat kuat dan kokoh.

Ini menunjukkan, setiap dari kita telah melalui perjalanan panjang selama setahun penuh. Bagaimana pun bentuknya, menjadi terbesit di dalam hati kecil yang paling dalam sebuah rasa haru.

Haru karena telah dipercaya Alloh SWT bisa tetap hidup sampai detik ini. Haru juga karena telah berhasil melawan keras dan terjalnya dinamika kehidupan yang tidak bisa ditebak.

Sehingga pada malam Tahun Baru, Sabtu 31 Desember 2022 bisa berkumpul bersama mereka seakan menjadi penyegaran sembari menikmati suasana malam di Taman Salam, Jatimurni, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Terkesan manis, lantaran menu makanan hidangan pun telah disiapkan untuk kebersamaan diantara personel Pamdal Pasar Minggu. Ini bagus untuk kembali merekatkan hubungan yang telah sedikit renggang karena kesibukan dalam tugas pengabdian dan pelayanan kepada warga DKI Jakarta, khususnya warga Kecamatan Pasar Minggu.

Sandra Wirayanti, selaku Kasatpel Kecamatan Pasar Minggu

Selain itu juga sebagai momen bersenda gurau yang tidak akan terlupakan hingga setahun ke depan nanti. Seraya secara bersama-sama mengevaluasi kinerja Pamdal, dan bercengkerama dalam kebersamaan.

Acara Pasar Minggu Satu, Pasar Minggu Seru ini dihadiri oleh Sandra Wirayanti, selaku Kasatpel Kecamatan Pasar Minggu, Amir Syah selaku Pengawas Kecamatan Pasar Minggu dan segenap seluruh Personel Pamdal Kecamatan Pasar Minggu, sebagai bentuk penghargaan kepada pegawai yang sudah menjalakan tugas serta kewajiban dengan baik selama bertugas di Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatam Wilayah Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Acara di awali dengan ucapan terima kasih yang disampaikan oleh Amir Syah selaku Pengawas Kecamatan Pasar Minggu, dalam kesempatan tersebut Amir Syah mengatakan,”Kami menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Bapak Ismail, Bapak Panirun, Bapak Ramelan selama dalam menjalankan tugas di Kecamatan Pasar Minggu. Mohon maaf jika saya ada hal yang kurang berkenan, pesan saya mohon agar jalinan tali silaturahmi tidak terputus meski sudah tidak lagi bertugas di sebagai Pamdal di Pasar Minggu,” jelas Amir, pada Sabtu (31/12/2022) malam.

Kemudian, Sandra Wirayanti dalam kesempatan tersebut mengatakan,”Selamat malam rekan-rekan semua, terima kasih atas kehadiran rekan-rekan semua pada malam hari ini. Saya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh rekan-rekan yang ditahun 2023 masih berlanjut menjadi bagian dari Sudin Pertamanan Jakarta Selatan, namun bagi rekan-rekan yang usia 56 keatas telah selesai karena Pergub DKI Jakarta mohon agar berkecil hati. Jangan sampai tali silaturahmi terputus, tetap kita jaga sampai kapan pun,” terang Sandra.

Amir Syah selaku Pengawas Kecamatan Pasar Minggu

Lebih lanjut ia menyatakan,”Momen malam tahun baru ini saya minta kepada seluruh rekan-rekan Pamdal Pasar Minggu agar lebih solid, kompak dan menjalankan tugas secara professional. Jangan lupa S.O.P Pengamanan jadikan acuan dasar dalam menjalankan amanah Pengamanan, Pelayanan diwilayah Pasar Minggu. Dan pada malam hari ini, saya memohon maaf jika selama ini ada hal-hal yang kurang berkenan, semoga di tahun 2023 Pamdal Pasar Minggu terbaik dalam segala hal,” tegas Sandra.

“Sekali lagi saya sampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Bapak Ismail, Bapak Panirun, Bapak Ramelan selama dalam menjalankan tugas dan pengabdian di Sudin Pertamanan Jakarta Selatan Wilayah Kecamatan Pasar Minggu,” tambahnya.

Diakhir acara “Pamdal Pasar Minggu Satu, Pamdal Pasar Minggu Seru” ada kesan tersendiri pada malam itu, sebuah tali asih atau cinderamata dari Pamdal Pasar Minggu untuk 3 Personel Pamdal yang Purna Tugas, cinderamata tersebut diserahkan oleh Sandra Wirayanti kepada Ismail, Amir Syah kepada Ramelan (diwakilalkan,red) dan Aris Setiawan perwaklian Pamdal Pasar Minggu menyerahkan kepada Panirun.

Ini adalah sebuah kesan perpisahan yang penuh makna rekan seperjuangan dalam pengabdian kepada warga DKI Jakarta sebagai Pasukan Hitam Pengamanan Taman dan Jalur Wilayah Pasar Minggu.

Patroli Gabungan Malam Tahun Baru
Usai acara bersama dengan Tema”Pamdal Pasar Minggu Satu, Pasar Minggu Seru” seluruh Pamdal Pasar Minggu secara bersama-sama melakukan kegiatan Patroli Gabungan dengan PJLP Perawatan.

Amis Syah mengatakan,”Tugas Pamdal Pasar Minggu memang mendapat amanah dari Polsek Pasar Minggu, agar pada malam Tahun Baru area Taman seperti Taman Sepat, Taman Kebagusan 1, Taman Dadap Merah dan Taman Perikanan harus steriil dari segala kegiatan atau aktivitas warga. Sehingga tugas kami melalui rekan-rekan Pamdal Pasar Minggu melakukan penyisiran seluruh taman-taman tersebut diatas,” terang Amir.

Hingga pada pukul 01:00 wib (Minggu, 01/01/2023) hasil Patroli Gabungan Pamdal Pasar Minggu pun membuahkan hasil maksimal, hal ini seperti yang disampaikan Sandra Wirayanti,”Alhamdulillah, pada malam Tahun Baru 2023 (Sabtu, 31/12/2022) Patroli yang dimulai dari pukul 23:30 wib hingga pukul 01:00 wib hasil laporan rekan-rekan Pamdal Pasar Minggu situasi dan kondisi di masing-masing Taman (Taman Sepat, Taman Kebagusan 1, Taman Dadap Merah dan Taman Perikanan,red) steriil tidak ada aktivitas warga diarea Taman tersebut. Ini tentunya yang menjadi harapan kita semua,” tambah Sandra.

IPDA Mamay, SH, Kanit BINMAS Polsek Pasar Minggu

Kepada awak redaksi, IPDA Mamay, SH, Kanit BINMAS Polsek Pasar Minggu mengatakan bahwa,”Alhamdulillah, pada malam tahun baru 2023 ini Personel Pamdal Pasar Minggu turut serta membantu memberikan Pengawasan dan Pengamanan di area Taman (Taman Sepat, Taman Kebagusan 1, Taman Dadap Merah dan Taman Perikanan,red). Wal hasil hasilnya Alhamdulillah Taman-Taman tersebut dalam kondisi steril tidak ada aktivitas warga di area Taman tersebut. Terimakasih secara keseluruhan wilayah hukum Polsek Pasar Minggu aman atas bantuan dan kerja sama semua rekan-rekan Pamdal Pasar Minggu, semoga jadi amal baik nanti amin,” ujar Mamay,SH, pada Minggu (01/01/2022). (*Jack/Bodong/Brahim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here