Beranda BIVEST Karyawan PT Pertamina “Studi Tiru” ke Koperasi UMKM Center Kab Semarang

Karyawan PT Pertamina “Studi Tiru” ke Koperasi UMKM Center Kab Semarang

825
0
Foto bersama pengurus Koperasi UMKM Center dan puluhan karyawan PT Pertamina. (Foto Heru Santoso).

UNGARAN | KopiPagi : Sebanyak 27 orang yang terdiri dari 12 orang pasangan suami istri dan 3 orang ‘single’ melaksanakan kunjungan ‘studi tiru’ di Pusat Oleh-oleh & Edukasi Produk UMKM yang juga sebagai Sekretariat Koperasi UMKM Center Kabupaten Semarang di Dusun Gading, Kec Tuntang, Kab Semarang pada Kamis (01/12/2022).

Mereka itu merupakan karyawan perusahaan PT Pertamina dari berbagai daerah di Indonesia. Demikian dikatakan Edo, Koordinator Lapangan dari PT Pertamina Pusat Jakarta kepada koranpagionline.com.

“Kunjungan yang boleh dikatakan sebagai ‘studi tiru’ ini sebagai salah satu bentuk pembekalan kepada para karyawan yang akan memasuki masa purna tugas atau pensiun. Bukan hanya dari Pertamina saja, namun ada dari anak perusahaan Pertamina. Intinya, kami ingin memberikan bekal untuk melakukan bisnis baru atau karya kedua setelah mereka semua purna tugas dari Pertamina,” kata Edo.

Bu Erna dan Sriyanto saat perkenalan Koperasi UMKM Center. (Foto Heru Santoso)…

Sementara itu, Sriyanto (pemilik produk kopi “Kenthir”)  menjelaskan, bahwa Koperasi UMKM Center Kabupaten Semarang ini terbuka dengan kunjungan-kunjungan yang dilakukan dari berbagai lembaga, organisasi, instansi baik swasta maupun pemerintahan. Hal ini sebagai bentuk pengenalan akan Koperasi UMKM Center Kab Semarang secara tidak langsung. Selain itu, pengenalan berbagai produk olahan dari seluruh anggota koperasi.

“Diakui atau tidak bahwa dengan adanya koperasi ini aka nada perhatian dari pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang. Dalam perjalanannya, justru Koperasi UMKM Center ini lebih mandiri dan ini terbukti dengan berhasilnya membuat tempat edukasi di rumah Bu Erna ini. Ini semua merupakan jerih payah dan kerja keras anggota Koperasi UMKM Center ini dan di rumah Bu Erna ini sekaligus menjadi Sekretariat Koperasi UMKM Center Kab Semarang,” jelas Sriyanto “Kenthir” disela memberikan paparan tentang olahan kopi menjadi minuan kopi.

Erna Rohayati (Bendahara Koperasi UMKM Center Kab Semarang) menambahkan, bahwa dengan tersedianya tempat atau bangunan gedung ‘Sentra UMKM’ ini maka sangat membantu seluruh anggota koperasi. Untuk biaya seluruhnya dari anggota yang dikumpulan secara gotong royong. Dengan adanya tempat yang boleh dikatakan’representatif’ ini, akhirnya banyak kunjungan dari berbagai lembaga, organisasi maupun instansi pemerintah ataupun swasta. Namun, sebaliknya dari dinas terkait di Pemkab Semarang ini kurang memperhatikan.

Ibu-ibu praktek membuat Kripik Daun Kelor. (Foto Heru Santoso).

“Setelah gedung yang sekarang kita guunakan sebagai Sentra Produk UMKM Kab Semarang ini jadi, banyak menerima kunjungan dari luar kota. Mereka berkunjung melakukan ‘studi tiru’ untuk belajar bagaimana membuat produk olahan dari berbagai bahan baik dari sayuran maupun buah-buahan. Selain itu, dari kunjungan yang diterima itu, banyak terjadi transaksi dan ini sangat mendukung koperasi,” jelas Bu Erna, dihadapan peserta kunjungan dari PT Pertamina.

Ditambahkan, bahwa Koperasi UMKM Center Kabupaten Semarang ini tidak melayani transaksi dengan model ‘konsinyasi’. Namun, transaksi yang dilakukan dengan pembayaran tunai atau langsung. Boleh dibilang produk UMKM itu murah namun khusus di Koperasi UMKM Center Kab Semarang ini “tidak murahan”. Produk olahan yang disediakan benar-benar halal dan asli produk anggota koperasi. Aneka produk UMKM yang tersedia di Koperasi UMKM Center ini antara lain Tumpi (Daun Kelor, Daun Singkong, Daun Kenikir, Daun Adas, Kacang Tanah, dll), Stik Kopi Manis,aneka Kripik (Pare, Wader, Cakar Ayam, Jinang Pedas, Ketela, dll), Gula Semut, Pie Jamur Tiram, Emping Waluh, Jenang, Rasikan, Jadah. Selain itu, tersedia juga aneka buah dan produk olahan Kopi serta Kain Batik Gedongsongo, aneka Sovenir (gelang, kalung, jepet, bros, dll). Serta masih banyak produk olahan yang lain yang semuanya asli Kabupaten Semarang.

“Harapan kami, dari kunjungan ‘studi tiru’ ini akan dapat dikembangkan di tempat masing-masing. Kami juga siap memberikan edukasi terkait dengan olahan produk serta siap untuk menjalin kerjasama. Sampai sekarang, jumlah anggota Koperasi UMKM Center ini ada 99 anggota dan masing-masing anggota memiliki produk olahan tertentu. Sekali lagi, terima kasih atas kunjungannya di Koperasi UMKM Center Kab Semarang,” pungkas Bu Erna.

Budi, salah seorang peserta kunjungan mengaku sangat apresiasi dan tertarik dengan apa yang dilakukan Koperasi UMKM Center Kab Semarang ini. Bahkan, pihaknya sangat berharap Koperasi UMKM Center ini dapat menjadi mitra binaan PT Pertamina. Dan itu dapat dilakukan kedua belah pihak.

 “Kami apresiasi dengan Koperasi UMKM Center Kab Semarang ini. Dari kunjungan ini, diharapkan akan terjadi komunikasi berkelanjutan bahkan tidak menutup kemungkinan koperasi ini dapat menjadi mitra binaan PT Pertamina. Namun, untuk menuju “mitra binaan” ini harus melalui proses. Kami juga apresiasi atas ilmu yang telah diberikan kepada para karyawan PT Pertamina yang akan memasuki masa purna tugas ini,” tandas Budi. *Kop

Pewarta : Heru Santso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here