Beranda MEGAPOLITAN Alhamdulillah… : Kemenag Depok Pastikan 776 Calhaj Berangkat ke Tanah Suci

Alhamdulillah… : Kemenag Depok Pastikan 776 Calhaj Berangkat ke Tanah Suci

406
0
Ilustrasi.

DEPOK | KopiPagi : Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok memastikan, sebanyak 776 jemaah calon haji (Calhaj) asal Kota Depok akan segera berangkat ke Tanah Suci pada 2022. Mereka yang berangkat merupakan Calhaj yang sempat tertunda keberangkatannya akibat pandemi Covid-19.

“Sebanyak 776 calhaj ini merupakan jemaah yang keberangkatannya sempat tertunda akibat Covid-19. Sekitar 45,6 persen dari jumlah yang seharusnya berangkat,” ujar Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok, Yuli Rahmawati di Kantor Imigrasi Kota Depok, Selasa (24/05/2022).

Lanjut Yuli, walaupun dipastikan berangkat, hingga kini pihaknya belum bisa memastikan kapan tanggal keberangkatan jemaah dari Kota Depok. Kemenag Depok masih menunggu keputusan dari Kantor Wilayah (Kanwil). “Hingg saat ini,.kami masih menunggu dari Kanwil terkait keberangkatan,” terangnya.

Menurut Yuli, untuk keberangkatan calhaj di tahun ini ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, haji tahun ini dilakukan dengan ketentuan untuk mereka yang berusia paling tinggi 65 tahun 0 bulan per tanggal 30 Juni 2022 dan telah menerima vaksinasi lengkap Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi atau minimal sudah dua kali vaksin.

“Kedua, jemaah yang berasal dari luar Kerajaan Arab Saudi juga wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi,” jelasnya.

Dia menambahkan, sambil menunggu tanggal pasti keberangkatan, hingga kini masih terus dilakukan berbagai persiapan bagi jemaah calon haji. Antara lain pemeriksaan kesehatan 1 dan 2 sampai pemberian vaksin meningitis oleh Dinas Kesehatan. “Lalu masih ada tahapan manasik, pembagian koper, kloter dan kesehatan PCR,” pungkas Yuli. *D-tren/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here