Beranda MARKAS Deklarasi Kampung Pancasila : Satukan Visi Misi & Pancasila Sebagai Dasar Negara

Deklarasi Kampung Pancasila : Satukan Visi Misi & Pancasila Sebagai Dasar Negara

591
0
Walikota Salatiga Yuliyanto serahkan piagam Deklarasi Kampung Pancasila. (Foto Pendim 0714)

SALATIGA | KopiPagi : Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mendampingi Danrem 073/Makutarama dan Walikota Salatiga dalam acara “Deklarasi Kampung Pancasila” di Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga pada Rabu (16/03/2022)

Nampak hadir IO Dam IV/Diponegoro Kol Mar Hariyono Masturi, Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, Kajari Moch Riza Wisnu Wardhana, Ketua DPRD Dance Ishak Palit, Ketua PN Abdul Latief, Ketua FKUB KH Noer Rofik. Juga, Kasiter Korem 073/ Makutarama Letkol Arh Nur Setiyasno, Danramil dan PA Staf jajaran Kodim 0714/Salatiga, Camat Argomulyo Agus Wibowo, serta tamu undangan.

Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar mengatakan, bahwa deklarasi Kampung Pancasila ini punya tujuan untuk menyatukan visi misi dan komitmen menjaga serta memelihara Pancasila sebagai Dasar Negara. Yang dimulai dari individu, golongan, komunitas hingga masyakat dalam wadah program Kodim 0714/Salatiga sebagai Benteng Pancasila.

“Deklarasi Kampung Pancasila punyai sasaran antara lain terbentuknya Kampung Pancasila secara masif di wilayah teritorial Kodim 0714/Salatiga. Terwujudnya pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan masyarakat khususnya kaum milenial/generasi muda. Serta untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dalam mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun, dan berbudaya,” jelas Letkol Inf Ade Pribadi Siregar.

Ditambahan, Deklarasi Kampung Pancasila ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi tatanan kehidupan masyarakat yang mencerminkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Harapan ke depan, akan lahir kampung-kampung Pancasila yang lain di wilayah Kota Salatiga.

Sementara itu, Walikota Salatiga Yulianto menyatakan, bahwa di era digitalisasi telah memberikan kemudahan bagi kita. Segala aktivitas dapat dilaksanakan tanpa terbatas ruang dan waktu, namun disisi lain perkembangan teknologi informasi yang pesat telah menjadikan tantangan tersendiri bagi pengimplementasian Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Patut disyukuri karena kita tinggal di Kota Salatiga yang sangat kondusif dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Sudah empat kali berturut-turut Kota Salatiga mampu meraih predikat sebagai salah satu Kota Tertoleran di Indonesia. Hal ini sekaligus menjadikan Kota Salatiga sebagai barometer keamanan dan ketentraman di Jawa Tengah maupun secara umum Indonesia,” kata Yuliyanto.

Sedangkan, Danrem 073/Makutarama Kol Arm Putranto Gatot Sri Handoyo menegaskan, bahwa Kampung Pancasila ini dicanangkan karena banyaknya masyarakat yang masih terpengaruh adanya intoleransi. Yang tidak fokus dalam Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan alat mempersatukan bangsa.

“Indonesia merdeka bukan dari pemberian namun karena perjuangan masyarakat semuanya. Hingga akhirnya dapat mempersatukan dan bisa merasakan kebersamaan bersatu padu hingga berhasil merdeka di tahun 1945,” ujarnya.

Isi Deklarasi Kampung Pancasila adalah “Kami warga Kelurahan Tegalrejo menyatakan bahwa Pancasila adalah Dasar Negara yang telah tergurat dan berakar dalam hati dan sanubari – Kami warga Kelurahan Tegalrejo wajib memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemimpin bangsa yang telah berhasil merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara – Kami warga Kelurahan Tegalrejo menjunjung tinggi toleransi dalam keberagaman suku, agama dan budaya – Kami Warga Kelurahan Tegalrejo menjunjung tinggi musyawarah dengan mengesampingkan amarah – Kami warga Kelurahan Tegalrejo bangga dengan ikut berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, berlandaskan Pancasila dan UUD 1945”. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here