Beranda PERISTIWA Dinas Sosial Kab. Pandeglang Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa

Dinas Sosial Kab. Pandeglang Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa

48
0
Bantuan terdampak gempa Banten mulai disalurkan.

PANDEGLANG | KopiPagi : Dinas Sosial Provinsi Banten melalui Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Banten, menyalurkan bantuan tambahan kedaruratan logistik bagi warga masyarakat yang terdampak gempa. Hingga saat ini, masih dilakukan pendataan sekaligus memetakan kebutuhan bantuan kedaruratan.

“Saat ini yang kami lakukan adalah memberikan bantuan kedaruratan, evakuasi masyarakat, pendataan, assessment, serta pemantauan wilayah terdampak,” ungkap Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana, Sabtu (15/01/2022).

“Pemprov Banten telah melakukan pengiriman logistik awal ke Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang berupa perlengkapan dapur keluarga 100 paket dan kidsware 100 paket,” tambahnya.

Dikatakan, untuk bantuan selanjutnya, Pemprov Banten akan mengirim bantuan logistik tambahan ke Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Bantuan logistik tambahan itu berupa makanan siap saji, air minum kemasan, kidsware, pampers bayi, pembalut wanita, tenda gulung, tenda keluarga, tenda serba guna keluarga, matras, kasur, serta selimut.

“Untuk penyiapan fasilitas dapur umum disesuaikan dengan kebutuhan,” ungkap Nurhana.

Dijelaskan, dalam penanganan warga terdampak gempa, Dinas Sosial Provinsi Banten berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Kabupaten Lebak, TNI, Polri, serta lembaga masyarakat lainnya.

Sementara itu, pasca terjadi gempa bumi dengan kekuatan 6.7 SR berlokasi di Sumur-Banten, Jumat kemarin sore sekitar pukual 16:05, sebanyak 4 unit rumah warga di Kabupaten Serang  ambruk hingga rata dengan tanah. Demikian dikatakan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma. Bahkan, dampak gempa tersebut sampai ke Tunjungteja.

“Jadi BPBD Kabupaten Serang mendapatkan laporan dari anggota-anggota kami di lapangan bahwa sebanyak 4 rumah warga yang ambruk di Kabupaten Serang. Bahkan 4 rumah warga ini diantaranya terdiri dari  2 kecamatan yakni Kecamatan Cinangka dan Tunjung Teja,” jelas Nana.

Nana menyebutkan ada 3 unit rumah warga yang berlokasi di Desa  Bantarwangi Kecamatan Cinangka mengalami kerusakan di bagian dapur.

“Saya dan team BPBD Kabupaten Serang sedang mendata terkait kerusakan rumah warga yang berada di Kabupaten Serang,” tuturnya.

Disamping itu, Nana menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Serang untuk tetap waspada dan antisipasi. Bahkan, dirinya menganjurkan untuk menghubungi di nomor ini bila mana terjadi bencana di  nomor 0254-200135, 0254-299636, dan 0254-200113 atau melalui WhatsApp di nomor 081212123481 dan 08111360582.. *Asr/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here