Beranda PERISTIWA Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Banten & Jabodetabek, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Banten & Jabodetabek, Tak Berpotensi Tsunami

51
0
Pusat gempa di Banten guncang Jadebotabek hingga Karawang.

JAKARTA | KopiPagi :  Gempa yang terjadi, Jumat (14/01/2022) cukup mengguncang beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 itu berpusat di wilayah Sumur, Banten. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter, sebutkan bahwa gempa berada pada koordinat 7.01 Lintang Selatan (LS)-105.26 Bujur Timur (BT).  Pusat gempa berada 52 kilometer barat daya Sumur, Banten.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 16:05 WIB sempat menggemparkan warga Ibukota, terutama yang berkantor di gedung pencakar langit. Rata-rata para karyawan yang masih berada di di kantor gedung berhamburan lari keluar untuk menyelamatkan diri. Goncangan cukup keras hingga membuat panic.

“Kami panik berhamburan keluar dan berusaha turun ke lantai bawah karena gocangan terasa begitu keras. Semua panik ketakutan. Pokoknya mengerikan. Apalagi kami berada di lantai paling atas,“ kata Inez karyawan yang berkantor di Gedung Spring Hill Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (14/01/2022) sore.

Menurut keterangan yang dihimpun, gempa yang terjadi Jumat sore yang berpusat di Banten itu dirasakan warga yang tinggal di Karawang, Bekasi, Bogor, Depok, Tangsel, DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun demikian BMKG mengabarkan bahwa gempa berkekuatan magnitudo 6,7 itu tidak berpotensi tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami. Namun dihimbau agar tetap berhati-hati karena dikhawatirkan akan ada gempa susulan,” demikian seperti dikutip dalam laman BMKG. *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here