Beranda REGIONAL Sekretaris Itjen Kemenkumham : Rutan Salatiga Kecil tapi Pelayanan Sangat Baik

Sekretaris Itjen Kemenkumham : Rutan Salatiga Kecil tapi Pelayanan Sangat Baik

133
0
Sekretaris Inspektotar Jenderal Kemenkumham (baju putih) saat kunjungi Rutan Salatiga. (Foto Heru Santoso)

SALATIGA | KopiPagi : Tim Inspektorat Kemenkumham yang dipimpin Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenkumham Tholib melaksanakan kunjungan kerja dan monitoring di Rutan Salatiga pada Selasa (11/01/2021), berada di Rutan Salatiga langsung mengajak “blusukan” seluruh ruang di dalam Rutan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Salatiga.

Di Rutan Salatiga, Sekretaris Itjen Kemenkumham didampingi Tim Survei  PMPI (Penilaian Mandiri Persepsi Integritas) disambut langsung Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano. Sesaat kemudian, langsung melakukan ‘blusukan’ dan monitoring seluruh ruangan mulai dari Ruang Pelayanan, Blok Hunian hingga berdialog langsung dengan warga binaan.

“Dibandingkan dengan Rutan atau Lapas lainnya di Jawa Tengah ini, Rutan Salatiga tergolong sangat kecil. Namun meski sangat kecil dan banyak keterbatasan, tempat ini tetap terlihat rapi dan pelayanan terjaga dengan sangat baik,” ujar Tholib didampingi Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano dan Humas Nuryadi, disela meninjau ruangan.

Menurutnya, jika ke depan lahan bekas Pengadilan Negeri (PN) Salatiga yang berada persis bersebelahan dengan Rutan Salatiga menjadi bangunan Rutan Salatiga, maka dapat mengatasi over kapasitas serta pembinaan kepada warga binaan akan semakin optimal. Selain itu, pihaknya juga berpesan kepada warga binaan Rutan Salatiga ini untuk tidak melanggar aturan. Apalagi sampai bermain-main dengan narkoba serta ‘nakal, maka harus siap-siap dipindahkan ke Nusakambangan.

“Survei Integritas ini sebagai salah satu tolok ukur indeks integritas pegawai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sejauh mana pelayanan yang diberikan sehingga akan diketahui nilai indeks integritas pegawai. Apalagi sekarang ini juga menjadi salah satu elemen penting dalam pembangunan zona integritas,” ujarnya lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano menyatakan, bahwa kunjungan dan monitoring ini sangat luar biasa. Ini adalah yang pertama Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenkumham mengunjungi Rutan Kelas IIB Salatiga. Bahkan, di awal tahun 2022 ini merupakan kunjungan pertama dari Pimpinan Pusat Kemenkumham.

“Adanya kunjungan kerja di Rutan Salatiga ini, maka akan memacu Rutan Salatiga berkinerja lebih baik lagi. Tentu saja berintegritas serta terus berproses memberikan pelayanan terbaik bagi warga binaan maupun masyarakat. Terima kasih atas kunjungannya di Rutan Salatiga ini,” tandas Andri Lesmano didampingi Nuryadi. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here