Beranda REGIONAL Pendampingan : Kejari CilegonSelamatkan Keuangan Negara Rp 12,5 M

Pendampingan : Kejari CilegonSelamatkan Keuangan Negara Rp 12,5 M

85
0
Kejaksaan Negeri Kota Cilegon.
CILEGON | KopiPagi : Di awal tahun 2022, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) telah menyelematkan keuangan negara mencapai Rp 12,5 miliar. Potensi kerugian negara itu dicegah melalui pendampingan yang diberikan Datun Kejari Cilegon kepada OPD melalui UK PBJ (Unit Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa) Kota Cilegon.
“Kita terus berupaya dalam penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 12,5 miliar atau 17 persen yang berhasil (Kejari Cilegon) diselamatkan. Penyelematan keuangan negara yang berhasil kami peroleh dari hasil pendampingan hukum kepada UK PBJ Kota Cilegon,” ujar Kasi Datun Kejari Kota Cilegon, Furqon Hidayat.
Furqon menyebutkan dengan potensi kerugian keuangan negara itu dicegah dengan memberi pendampingan dan review saat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) melakukan lelang proyek.
“Misalnya, OPD ini ada lelang dengan pagu anggaran Rp 100 juta dan Rp 2 miliar. Nah, saat dilakukan proses lelang, masyarakat bisa lihat nominal harganya dengan mengecek website milik BPBJ Kota Cilegon. Pasti disana akan terjadi pemasukan dokumen, penawaran-penawaran. Otomatis akan ada tawar menawar harga penawaran. Otomatis dari penawaran tersebut, yang dimana  kelebihan dari pengadaan anggaran dan itulah yang kami selamatkan,” jelasnya.
Ditaambahkan Furgon, dari OPD yang ada di Pemkot Cilegon sebanyak 36 OPD, dimana 6 OPD diantaranya meminta pendampingan kegiatan ke Seksi Datun, yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga untuk pendampingan hukum terkait pembangunan Stadion Geger Cilegon dan Dinas Perumahan dan Permukiman untuk pendampingan pembangunan RTH di setiap kecamatan.
Masih kata Furqon, pendampingan juga diberikan kepada Dinas Sosial terkait pengadaan barang Sembako, RSUD untuk pengadaan oksigen medis, pembangunan lewat DPW Kelurahan, Dinas Pendidikan untuk pendampingan pembangunan SMP di Cilegon dan lainnya.
“Kami himbau kepada seluruh OPD yang ada di Pemkot Cilegon, segera lakukan pengajuan pendampingan agar ke depannya bisa dilakukan dengan transparansi anggaran. Juga, jangan sungkan untuk berkordinasi. Hal ini untuk sama-sama menyalamatkan uang negara,” harapnya. *Asr/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here