Beranda PERISTIWA Rem Blong : Truk Tangki Tabrak Dua Truk & Dua Motor, Satu...

Rem Blong : Truk Tangki Tabrak Dua Truk & Dua Motor, Satu Orang Tewas

129
0
Kendaraan yang terlibat kecelakaan di JLS Salatiga tepatnya daerah perempatan Kecandran, Sidomukti. (Foto Heru Santoso)

SALATIGA | KopiPagi : Kecalakaan kembali terjadi jalur lingkar selatan (JLS) Salatiga tepatnya di daerah perempatan Kecandran, Kecamatan Sidomukti (traffic light ) Aulia pada Senin (03/01/2021) sekitar pukul 07.15 WIB, yang melibatkan beberapa mobil dan sepeda motor serta akibat kecelakaan itu satu orang tewas di lokasi kejadian.

 

Kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan yang memakan korban jiwa itu adalah Truk tangki nopol L 8736 AK, Truk Colt Dieesel H 9485 BC, Truk Colt Diesel R 9636 M, Truk Kontainer H 8872 QA, serta dua sepeda motor Yamaha Jupiter nopol H 6429 BV dan Yamaha Mio nopol H 2459 JW. Korban tewas di lokasi kejadian adalah pengendara sepeda motor Yamaha Mio yang merupakan warga Desa Sumogawe, Kec Getasan, Kab Semarang.

 

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana melalui Kasat Lantas AKP Arfian Riski DW didampingi Kasi Humas AKP Hari S Trianto mengatakan, bahwa kecelakaan tersebut berawal dari Truk tangki yang melaju dari arah Solo menuju Semarang. Sesampainya di lokasi kejadian, rem truk dengan pengemudi Senawi (45) warga Jalan Brigjen Katamso III/No 13 RT 01 RW 02, Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengalami blong.

 

Saat itu truk melaju kencang dan pengemudi diduga tidak dapat menguasai kemudi hingga menabrak truk Truk container yang disopiri Sugiyo Pranoto (36) warga Desa Ngrombo RT 04 RW 02, Kecamatan Kemusu, Kab. Boyolali dan sepeda motor Yamaha Jupiter yang dikendarai Lilik Juisno (36) warga Dusun Kebonagung RT 02 RW 01, Desa Kebonagung, Kec Sumowono Kab Semarang.

 

Bukannya berhenti setelah menabrak kendaraan di depannya, truk tangki itu masih tetap melaju dan menabrak dua mobil Colt Diesel yang dikemudian Prayogo (51) warga Jalan Wologito Barat VI RT 03 RW 01 Kel Kembangarum, Kec Semarang Barat, Kota Semarang. Dan Colt Diesel satunya yang disopiri Sugeng Purwanto (43) warga Dusun Lemiring RT 06 RW 07, Desa Ngaliyan, Kec Wadaslintang, Kab Wonosobo. Serta menabrak Yamaha Mio yang dikendarai warga Sumogawe, Kec Getasan, Kab Semarang dan tewas di lokasi kejadian.

 

“Dari keterangan pengemudi truk tangki, bahwa saat melaju sampai traffic light Kecadran (Aulia) itu, rem truk mengalami blong. Bahkan, saat itu lampu bangjo sedang menyala merah sehingga kendaraan di depannya berhenti untuk menunggu lampu nyala hijau. Namun, tahu-tahu dikagetkan dengan truk tangki yang rem blong langsung menggasak beberapa mobil dan sepeda motor sedang berhenti,” jelas Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana didampingi Kasat Lantas AKP Arfian Riski DW dan Kasi Humas AKP Hari S Trianto.

 

Akibat kecelakaan karambol itu, satu orang tewas di lokasi kejadian yaitu pengendara sepeda motor Yamaha Mio yang informasi warga Suwogawe, Kecaamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Truk tangki yang remnya blong itu menabrak empat kendaraan yang melaju se arah atau di depan truk tersebut. Selain satu orang tewas, dua orang mengalami luka-luka dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Bersamaan evaluasi korban dan kendaraan yang terlibat kecelakaan, jalur tersebut ditutup sementara dan kendaraan yang melintas dialihkan jalur. Bahkan, di tengah jalan berserakan barang muatan truk maupun tumpahan saos berwarna kemerahan hingga terlihat licin.

 

“Belum lama juga terjadi kecelakaan yang penyebabnya juga rem blong dan menggasak pagar makam. Selain itu, tidak jauh dari lokasi ini, truk tronton juga rem blong hingga mengakibatkan seorang anggota Polri tewas. Dan sekarang ini, juga satu orang tewas akibat kecelakaan yang disebabkan rem blong. Berbagai kejadian tersebut harusnya menjadi bahan evaluasi Satlantas Polres Salatiga maupun instansi terkait. Mengapa jalur tersebut sering terjadi kecelakaan dan bagaimana solusi terbaiknya sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan,” terang Ahmad Sanusi (54) dan Martono (50) keduanya warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kecelakaan. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here