Beranda MEGAPOLITAN KPA Kota Depok Gelar Rakor : Bahas Strategi Atasi Persoalan HIV/AIDS

KPA Kota Depok Gelar Rakor : Bahas Strategi Atasi Persoalan HIV/AIDS

80
0
KPA Kota Depok menggelar Rakor.

DEPOK | KopiPagi : Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Depok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) 2021. Terdapat sejumlah kegiatan yang telah dikerjakan dilakukan evaluasi terkait strategi penanggulangan masalah HIV/AIDS.

“Dibahas juga terkait organisasi, tugas dan fungsinya, terkait keseriusan semua. KPA ini stategis karena menyangkut nyawa dan kesehatan orang lain sehingga enggak boleh dibuat main-main,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sri Utomo usai Rakor KPA di ruang Edelweis, Balai Kota Depok, Selasa (21/12/2021).

Menurut Sri, KPA terdiri dari beberapa Perangkat Daerah (PD). Selama ini banyak kegiatan dari organisasi tersebut yang dijalankan di masing-masing PD. “Seperti tadi PMI menangani pemeriksaan darah, kalau ada yang terkonfirmasi positif HIV itu bisa informasikan ke Dinas Kesehatan untuk ada penanganan kesehatan,” jelasnya.

Lanjut Sri, penanganan terhadap penderita HIV/AIDS membutuhkan kolaborasi lintas sektor. Tidak hanya dari pemerintah, tapi juga masyarakat dan komunitas.

“Nanti dari yang dilakukan oleh Dinsos yaitu life skill yaitu pelatihan-pelatihan, juga bisa dilakukan oleh DKUM maupun Disnaker terkait pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan, karena ini memberikan hak yang sama kepada Orang Dengan HIV/AIDS (ODA) tersebut,” terangnya.

Ia berharap, KPA dapat terus memaksimalkan peran dan fungsinya pada tahun 2022. Sebab, kunci utama kegiatan KPA adalah kegiatan sosial. “Oleh karena itu dibutuhkan keseriusan, semangat dan keikhlasan,” harap Sri.  D-tren/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here