Beranda REGIONAL Alhamdulillah… : Kab. Purwakarta Kembali Berstatus PPKM Level 2

Alhamdulillah… : Kab. Purwakarta Kembali Berstatus PPKM Level 2

1009
0

PURWAKARTA | KopiPagi : Setelah sebelumnya terjadi ketidak singkronan data dengan Pemerintah Pusat, yang menyebabkan Kementerian Dalam Negeri menetapkan Purwakarta kembali berstatus PPKM Level 4 pada Senin 13 September 2021, kini ketidaksinkronan itu telah diperbaiki. Sehingga kini Kabupaten Purwakarta kembali ditetapkan berstatus PPKM level 2.

Masalah itu terjadi karena ada perbaikan data atau cleansing data antara Kemenkes yaitu Pikobar dengan data Dinas Kesehatan Kab.Purwakarta di Provinsi Jawa Barat, sehingga menyebabkan seolah adanya lonjakan Kasus baru Covid – 19 di Purwakarta

Namun setelah dilakukan perbaikan serta sinkronisasi data akhirnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kab.Purwakarta kini sudah kembali ke Level 2, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Kementerian Kesehatan, pada Selasa 14 September 2021

Seperti yang disampaikan Bupati Purwakarta, Hj.Anne Ratna Mustika kepada sejumlah Awak Media usai mengikuti rakor bersama Satgas Provinsi yang dipimpin Gubernur Jawa Barat secara Virtual, Rabu (15/09/2021) .

“Alhamdulillah sore tadi Kemenkes sudah memperbaharui data. Kita diberikan perbaikan data dari PPKM level 4 kembali ke level 2. Hanya saja kita akan menunggu revisi Inmendagri dan mudah-mudahan itu bisa segera dilakukan.”

Dan sudah kita sampaikan juga bahwa data yang masuk ke aplikasi Kemenkes itu data lama. Padahal, kejadian real-nya pada hari ini, kita sudah empat hari zero kematian dari tanggal 11-14 September,” ujar Bupati Anne.

Bupati Anne juga menjelaskan bahwa dirinya meminta kebijakan untuk aktivitas masyarakat kab.Purwakarta mengacu kepada PPKM level 2 sesuai dengan data real harian, dan Gubernur Jawa Barat merespon bahwa itu bisa dilakukan tanpa harus ada lagi pembatasan-pembatasan yang sangat besar.

Seperti pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (TPM) terbatas yang terus didorong untuk tetap dapat dilaksanakan, Jelas Bupati Anne.

Terkait hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut memberikan atensi. Pasalnya, penanganan Covid-19 di Purwakarta sudah sangat baik. Penularan sudah menurun dengan keterisian BOR yang hanya 9,5 persen atau di bawah 10 persen. Kemudian kasus aktif Covid-19 di Purwakarta juga sangat rendah sekali yakni 0.38 persen. *W-mdk/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here