Beranda REGIONAL Disdukcapil & Rutan Salatiga Sinergi Rekam Data KTP-el untuk Warga Binaan

Disdukcapil & Rutan Salatiga Sinergi Rekam Data KTP-el untuk Warga Binaan

758
0
Perekaman data KTP elektronik bagi warga binaan Rutan Salatiga. (Foto Heru Santoso)

SALATIGA | KopiPagi : Rumah tahanan (Rutan) Salatiga melaksanakan perekaman KTP Elektronik (KTP-el) khususnya bagi warga binaan, perekaman ini digelar di Rutan Salatiga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga pada Rabu (15/09/2021).

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, bahwa perekaman data e-KTP ini salah satu bentuk kerjasama yang sudah terjalin dengan Disdukcapil dalam memberikan salah satu hak sebagai warga masyarakat yaitu memiliki identitas diri berupa KTP Elektronik (KTP-el). Hadirnya Disdukcapil ini menjadi solusi bagi warga binaan Rutan Salatiga yang belum pernah melakukan perekaman KTP-el. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan identitas dirinya.

“Perekaman data untuk KTP-el bagi warga binaan Rutan Salatiga ini atas kerjasama deengan Disdukcapil dan ini sebagai salah satu hak warga untuk mempiliki identitas diri berupa KTP-el, ujar Andri Lesmano didampingi Humas Nuryadi.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Salatiga Noegroho Agus mengatakan, dari data yang diterimanya sebanyak 30 warga binaan Rutan Salatiga, setelah dicek dan dianalisis ada 4 warga binaan yang dapat melakukan perekamanan KTP elektronik. Pasalnya, beberapa warga binaan lain pernah melakukan perekaman KTP-el sehingga hanya langsung melakukan pencetakan KTP-el.

Dengan adanya kerjasama ini, langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan dan pendataan data bagi warga binaan yang belum memilik KTP-el. Selain itu,  secara kontinyu nantinya siap berkoordinasi secara temporer sehingga sesuai amanat undang-undang (UU), bahwa warga negara harus memiliki identitas tunggal dan sah, termasuk warga binaan yang sedang menjalani masa pidana di Rutan Salatiga ini.  ***

 Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here