Beranda HUKRIM Alasan Ga Bisa Tidur : Tanam Ganja Dikonsumsi Sendiri, Jack Ditangkap Polisi

Alasan Ga Bisa Tidur : Tanam Ganja Dikonsumsi Sendiri, Jack Ditangkap Polisi

541
0
Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo tunjukkan tanaman ganja sebagai BB, saat gelar perkara.. Foto - Heru Santoso.

KopiPagi | UNGARAN : Joko AS alias Jack (43) warga Pringapus, Kabupaten Semarang berhasil diringkus jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Semarang karena kedapatan menyalahgunakan  narkoba jenis ganja, bahkan dalam pengambangan kasusnya berhasil ditemukan 1 batang tumbuhan ganja yang ditanam di pot setinggi kurang lebih 45 cm di rumahnya Dusun Saren RT 05 RW 02, Desa Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo didampingi Kasat Resnarkoba AKP Deni Eko Prasetyo mengatakan, bahwa penangkapan tersangka sebelumnya pengembangan dari kasus narkoba jenis sabu dengan tersangka lain Ngadiman (47) warga Harjosari, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Dari keterangan Ngadiman inilah, petugas langsung melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus tersangka. Selanjutnya dilakukan penggeledahan dan ditemukan  tanaman ganja setinggi 45 cm yang ditanam di pot dan ditempatkan di kamar mandi bagian belakang rumahnya.

“Selain ditemukan tanaman ganja yang tumbuh subur, juga diamankan pipet kaca yang berisi sisa sabu, alat hisap atau bong dari dalam kamar tidurnya. Selanjutnya tersangka dipertemukan dengan tersangka Ngadiman yang lebih dulu ditangkap petugas dan mengakui jika sebelumnya telah melakukan transaksi jual beli sabu,” jelas Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo didampingi Kasat Resnarkoba AKP Deni Eko Prasetyo dan Kasi Humas AKP Sugiyarta dalam gelar perkara di Polres Semarang, kemarin.

Dari keterangan tersangka, bahwa ganja itu diperoleh dari Gilang warga Solo yang sekarang melarikan diri alias DPO. Sedangkan, sabu dibeli dari Ngadiman sebanyak dua kali pada bulan Agustus 2021. Tersangka juga mengaku jika mengkonsumsi ganja itu karena selama ini susah tidur serta untuk menurunkan tensi darahnya. Dalam dua bulan ini, tersangka mengaku juga antara 3 sampai 4 kali mengkonsumsi ganja dan ganja itu dikonsumsi sendiri.

“Saya mengkonsumsi ganja ini baru dua bulan dan sebanyak 4 kali serta saya sendiri yang menikmati. Alasannya, selama ini saya susah tidur dan untuk menurunkan tensi. Sedangkan, tanaman ganja yang tumbuh dengan tinggi sekitar 45 cm itu, bibitnya saya peroleh dari sisa ganja yang dibeli dari Gilang warga Solo dan sekarang kabur. Saya menanam ganja ini, karena untuk membeli ganja sekarang sangat sulit, dengan menanam dan tumbuh subur nanti akan saya konsumsi sendiri,” terang tersangka Joko alias Jack kepada koranpagionline.com, disela gelar perkara di Polres Semarang.

Dari ulahnya itu, tersangka dijerat Pasal 111 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya paling singkat 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara. Terungkapnya kasus ini pada Selasa (31/08/2021) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Selain itu, bahwa hubungannya dengan Ngadiman karena baik Joko dan Ngadiman ini merupakan teman lama. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here