Beranda PERISTIWA Gunung Andong Terbakar : Lahan Seluar 9 Hektare Ludes Dilalap Api

Gunung Andong Terbakar : Lahan Seluar 9 Hektare Ludes Dilalap Api

204
0
Gunung Andong Magelang yang terbakar.. Ist.

KopiPagi | MAGELANG : Kebakaran kembali terjadi di hutan Gunung Andong wilayah Dusun Temu, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang pada Kamis (26/08/2021) malam kemarin dan kebakaran itu berada di titik atau Petak 26E dengan luas lahan yang terbakar mencapai 9 Hektare (Ha) dan membakar rumput ilalang maupun semak belukar.

Untuk melakukan pemadaman api melibatkan petugas Perhutani KPH Kedu Utara, Satgas, TRC BPBD Kab Magelang, Forkompimcam Ngablak, para relawan maupun warga hingga Jumat (27/08/2021). Pertama kali yang mengetahui ada kebakaran di hutan Gunung Andong adalah warga Desa Jogoyasan, Kec Ngablak dan saat itu terlihat dengan jelas asap tebal mengepul mulai pukul 09.00 wib dari puncak Gunung Andong.

“Mengetahu ada asap tebal mengepul dari puncak Gunung Andong, kami langsung melaporkan ke pihak terkait. Lalu, petugas Perhutani KPH Kedu Utara, Satgas, TRC BPBD Kabupaten Magelang, relawan dan warga berdatangan di lokasi kebakaran untuk melakukan penyisiran dan pemadaman api,” ujar Parlan dan Wardiyo.

Pada pukul 15.20 wib, api justru merembet di wilayah Desa Pagergunung dan terlihat ada di 5 titik. Untuk lokasi ini jauh dari pemukiman warga dan sulit dijangkau karena lantaran berbatasan dengan jurang yang dalam dan curam. Dari hasil essesment Perhutani, lahan yang terbakar mencapai 9 hektare dan jenis vegetasi yang terbakar merupakan tumbuhan perdu. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here