Beranda NASIONAL Jaksa Agung : Pastikan Kegiatan PEN Tanpa Hambatan dan Tepat Sasaran

Jaksa Agung : Pastikan Kegiatan PEN Tanpa Hambatan dan Tepat Sasaran

33
0
Jaksa Agung Burhanuddin

KopiPagi | JAKARTA : Jaksa Agung Burhanuddin meminta jajaran intelijen Kejaksaan di seluruh Indonesia mengawal dan memastikan kegiatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berjalan tanpa hambatan dan tepat sasaran.

“Tidak terjadi penyelewengan anggaran dan bebas dari oknum-oknum yang memanfaatkan situasi,” ujar Jaksa Agung Burhanuddin dalam kunjungan kerja virtualnya dari gedung Menara Kartika Adhyaksa Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/07/2021).

Jaksa Agung Burhanuddin menyebut, dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kejaksaan secara langsung diminta untuk berperan aktif dan memonitor kegiatan PEN. Hal ini, tentunya, merupakan tanggung jawab besar.

Untuk itu ditekankan kepada seluruh jajaran Kejaksaan RI guna menjaga kepercayaan pemerintah. “Lakukan langkah-langkah strategis yang berkaitan dengan kewenangan kita,” ucap Burhanuddin.

Selain hal tersebut diatas, Jaksa Agung RI memintan para Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajat)i dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di seluruh Indonesia berperan aktif mendorong pemerintah daerah masing-masing untuk melakukan percepatan dalam realisasi anggaran guna meningkatkan penyerapan anggaran daerah.

Menurutnya, percepatan pelaksanaan kegiatan belanja di daerah akan sangat besar dampaknya dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Optimalkan ruang koordinasi dan konsultasi bilamana terdapat keragu-raguan para kepala daerah dalam merealisasikan anggaran,” tandas Burhanuddin.

Jaksa Agung juga memerintahkan kepada para Kajati dan Kajari di seluruh Indonesia untuk segera melakukan koordinasi dengan Gubernur, Walikota dan Bupati tentang percepatan realisasi anggaran, khususnya anggaran yang menyangkut kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

“Bangun kolaborasi fungsi bidang Intelijen dan Datun guna mendorong percepatan penyerapan anggaran. Lakukan pendampingan dan pengawalan untuk memberikan rasa aman dan memastikan tidak terjadi kesalahan maupun penyelewengan anggaran,” kata Jaksa Agung.

Hadir dalam kunjungan kerja virtual ini yaitu Wakil Jaksa Agung RI, Setia Untung Arimuladi, para Jaksa Agung Muda (JAM) dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Kabandiklat) Kejaksaan RI, para pejabat Eselon II, III, dan IV di Lingkungan Kejaksaan Agung, beserta para Kajati, Kajari dan Kacabjari beserta jajarannya masing-masing di seluruh Indonesia. ***

Pewarta : Syamsuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here