Beranda REGIONAL Pemkab Toba Serahkan Surat Dukungan Terhadap, Gerakan Aliansi Tutup TPL

Pemkab Toba Serahkan Surat Dukungan Terhadap, Gerakan Aliansi Tutup TPL

589
0
Gerakan Aliansi Masyarakat Tutup PT. TPL, Selasa (09/30/2021) malam lakukan aksi damai menyerahkan surat sikap Aliansi kepada Pemkab Toba dan diterima Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus. (Fhoto Julius P. Siahaan).
KopiPagi | TOBA  : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba Sumatera Utara, akhirnya memberikan surat dukungan untuk Gerakan Rakyat Aliansi Tutup TPL. Sebelumnya Aliansi melakukan demo damai dan diterima Sekertaris Daerah (Sekdakab) Toba Audi Murphy Sitorus, yang berkanji akan mempertemuka n pada pihak-pihak yang berselisih.
Janji Sekdakab Toba, ternyata langsung ditanggapi dan pada  Rabu (30/06/2O21) menyerahkan surat dukungan Pemkab Toba kepada Gerakan Aliansi Tutup TPL. Penyerahan surat dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Sekdakab dan diterima Aliansi yang bergabung diantaranya komunitas masyarakat kelompok tani dan lainnya.

“Kita sudah sampaikan surat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Toba dalam hal ini Bupati Toba untuk Gerakan Aliansi Tutup TPL,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs Audy Murphy Sitorus di Balige, saat ditanya terkait surat dukungan rekomendasi yang dimintakan oleh  masyarakat Toba yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL.

Menurutnya, dalam surat tersebut tidak disampaikan rekomendasi dari Pemkab Toba. Karena surat dimaksud, lanjut mantan Sekretaris Dewan ini,  hanya sebatas meneruskan bahwa telah diterima tuntutan dari Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL sebagaimana terlampir. Dalam surat itu kita sampaikan mohon disikapi, ” terang mantap Kabag Hukum Pemkab Toba ini.

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam surat yang disampaikan oleh Pemkab Toba, tidak merekomendasi untuk ditutup ataupun yang lainnya. Artinya, kita tidak merekomendasikan untuk ditutup atau yang lainnya. Karena, soal tutup atau yang lainnya itu  adalah kewenangan pemerintah pusat.

Sebagaimana disampaikan oleh Aliansi Gerakan Rakyat Tutup TPL, dimana aksi yang mereka lakukan mendesak  Pemerintah Kabupaten Toba untuk mendukung dan bekerjasama dalam menyelamatkan tano Batak dengan mengeluarkan rekomendasi  penutupan dan penghentian aktifitas PT TPL. Merekomendasikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup agar mencabut ijin konsesi TPL serta mengembalikan wilayah adat kepada komunitas masyarakat adat. ***

Pewarta : Julius P. Siahaan,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here