Beranda REGIONAL Untuk Kesekian Kalinya, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar

Untuk Kesekian Kalinya, Gunung Merapi Kembali Luncurkan Lava Pijar

35
0
Gunung Merapi saat meluncurkan awan panas. (Foto IST)

KopiPagi | YOGYAKARTA : Untuk ke sekian kalinya, Gunung Merapi menyemburkan awan panas berupa guguran dan lava pijar pada Rabu (09/06/2021) sebanyak dua kali, dengan masih terus semburkan awan panas ini status Gunung Merapi masih tetap siaga atau Level III seperti sejak Nopember 2020 lalu.

Kepala Balai Penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menyatakan, bahwa dengan kembali luncurkan awan panas tersebut status Gununfg Merapi masih siaga. Hingga sekarang ini aktivitas Gunung Merapi masih tetap tinggi, ini nampak dari aktifnya atau seringnya terjadi guguran lava pijar dan awan panas.

“Rabu (09/06/2021) hari ini, sebanyak dua kali Gunung Merapi meluncurkan guguran lava pijar dan awan panas. Yang pertama pada pukul 03.16 WIB tercatat pada seismogram dengan amplitudo 39 mm serta  durasinya 129 detik. Untuk jarak luncur mencapai 1500 meter menuju arah barat daya. Luncuran kedua terjadi pukul 9.31 WIB tercatat di seimogram dengan amplitudo 56 mm serta durasi 93 detik. Pada saat terjadi luncuran lava pijar, cuacanya berkabut,” jelas Hanik kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (09/06/2021). ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here