Beranda REGIONAL Tuntut Hak Lahan Plasma : Puluhan Warga Kinali Geruduk Kantor PT LIN

Tuntut Hak Lahan Plasma : Puluhan Warga Kinali Geruduk Kantor PT LIN

231
0
Situasi aksi warga Kinali di PT LIN berlangsung aman terkendali.

KopiPagi | PASBAR : Jajaran Polres Pasaman Barat (Pasbar) bersama Koramil 02 Simpang Empat mengerahkan ratusan personil dalam rangka pengamanan aksi yang dilakukan masyarakat Kinali dalam menuntut 20 persen hak lahan plasma yang dijanjikan belum juga diberikan oleh pihak PT. Laras Inter Nusa.

Pasalnya, Selasa (08/06/2021) masyarakat Kinali bersama beberapa tokoh masyarakat  melakukan aksinya di gerbang utama dan di seputaran perkantoran PT. LIN. dengan memasang Portal dan spanduk pada gerbang masuk perusahaan tersebut untuk menuntut hak masyarakat yang selama ini diabaikan.

Menurut salah seorang masyarakat yang tak mau disebut namanya, saat ditanya di sela-sela mengikuti aksi tuntutan tersebut mengatakan, aksi yang dilakukan kali ini adalah sebuah gerakan dari kejenuhan dan ketidak percayaan masyarakat Kinali terhadap PT LIN yang telah belasan tahun membodohi dan membohongi masyarakat.

“Aksi ini kita lakukan untuk menuntut kembali hak-hak masyarakat serta menentang kebijakan perusahaan yang tidak sesuai dengan kesepakatan dan mengangkangi aturan pemerintah tentang plasma,” terangnya.

Warga masyarakat Kinali geruduk areal lahan PT LIN.

Pengamanan yang dilakukan oleh ratusan jajaran Polres dan TNI tersebut berlangsung aman dan terkendali di bawah pengawasan Kapolsek Kinali, AKP. Defrizal, Kasat Sabhara Polres Pasbar, AKP. Yulandi, Kasat Intelkam, AKP. Teguh Priyatno, juga Danramil 02 Simpang Empat, Kapten Kaf. Sumidi S, beserta sejumlah Perwira Polres Pasbar lainnya.

Kapolres Pasbar, AKBP. Sugeng Hariyadi melalui Kapolsek Kinali, AKP. Defrizal yang didampingi oleh Kasat Intelkam, AKP. Teguh Priyatno kepada koranpagionline.com (KopiPagi)  menyebutkan, pihaknya sengaja menurunkan rstusan personil dibantu tim keamanan TNI bertujuan selain untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat dan pihak perusahaan juga mengantisipasi dalam memantau cipta kondisi keamanan terutama dalam situasi pandemi saat ini.

“Saat ini sengaja diturunkan ratusan personil dari Polres Pasbar dibantu personil dari TNI guna melakukan pengamanan dan berjaga-jaga untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terkait aksi tuntutan yang dilakukan oleh masyarakat,” terangnya.

Kapolsek Kinali menambahkan, pengamanan dilakukan selain mengantisipasi situasi perkembangan jalannya aksi agar tetap terkendali juga menghimbau masyarakat agar menjaga kondusifitas dengan tetap mematuhi  protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

“Disamping melakukan pengamanan, kita juga melakukan himbauan kepada peserta aksi agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban, serta selalu mematuhi Prokes Covid-19 seperti memakai masker dan menjaga jarak,” ujarnya

Pantauan KopiPagi di lapangan, situasi kondisi kegiatan berlangsung terkendali, aman dan tertib dengan tetap mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. ***

 Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here