Beranda REGIONAL Ketua PPM Karawang : Edukasi Pancasila Sangat Penting Bagi Masyarakat

Ketua PPM Karawang : Edukasi Pancasila Sangat Penting Bagi Masyarakat

10331
0
Ketua PPM Karawang, Asep Sopandi

KopiPagi | KARAWANG : Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Karawang, Asep Sopandi merasa prihatin masih banyak warga negara kita yang belum hapal Pancasila seperti yang di lansir diberbagai media jejaring sosial.

 “Disini dipandang perlu peran pemerintah untuk memberikan pendidikan dan pemahaman tentang Pancasila,” ungkap Asep Sopandi di kantornya, Jumat (04/06/2021).

Dikemukanya lebih lanjut, Pancasila itu adalah Dasar Negara Republik Indonesia yang merupakan sumber dari segala sumber hukum. Yang mana hal ini harus menjadi basic dasar  bagi pemahaman warga masyarakat Indonesia wajib mengetahuinya isi dari kandungan Pancasila.

Namun, diakui ataupun tidak melihat realitas saat ini pemahaman terhadap Pancasila mengalami  penurunan secara signifikan.

“Disini harus ada peran pemerintah, para pemangku kebijakan bagaimana caranya agar nilai nilai Pancasila itu akan kembali seperti pada jaman orde baru mereka sangat memahami sehingga teraplikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif,” jelas Asep Sopandi.

Ia berpendapat edukasi Pancasila bagi masyarakat perlu dilakukan kembali melalui jenjang pendidikan atau melalui pendidikan secara intensif bagi mereka yang akan menempati posisi  jabatan tertentu di semua level tingkatan profesi.

Menurut Asep Sopandi, mereka yang mendirikan, menulis dan menyusun Pancasila itu merupakan orang-orang terhebat yang Allah berikan kepada Bangsa Indonesia. Pancasila itu intisarinya tidak bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan dari agama apapun. Dengan berpancasila kita memiliki keselarasan dan tidak nembedakan satu suku dan sebagainya.

Ia menambahkan, sekalipun ada perbedaan penafsiran tentang hari lahir (harlah) Pancasila, itu juga perlu dikaji lagi oleh para pakar sejarawan yang profesional.

“Pancasila adalah ideologi yang paling cocok untuk diterapkan di NKRI. Indonesia akan menjadi lebih baik sesuai dengan cita cita para pendiri bangsa,” pungkasnya.***

 Pewarta : Erwin Sudarto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here