Beranda REGIONAL TP PKK Kab. Pasbar Dinilai Tim Lomba Gerakan PKK Prov. Sumbar

TP PKK Kab. Pasbar Dinilai Tim Lomba Gerakan PKK Prov. Sumbar

634
0
foto bersama dengan PKK Koto Baru

KopiPagi | PASBAR : Kabupaten Pasbar dikunjungi TP PKK Provinsi Sumatera Barat dalam rangka penilaian Lomba Gerakaan PKK Tahun 2021, Senin (31/05/2021). Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin oleh Ketua PKK Prov.Sumbar Ny. Harneli Mahyeldi beserta Tim disambut oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi didampingi Wakil Ketua, Ny.Fitri Risnawanto.

Tampak hadir Wakil Bupati Pasaman Barat, H.Risnawanto mewakili Bupati, termasuk Kepala OPD maupun Kabag terkait di lingkungan Pemkab Pasbar, pengurus TP. PKK Pasbar, Camat Luhak Nan Duo beserta jajaran serta PJ. Wali Nagari Koto Baru bersama Aparatur Pemerintah Nagari Koto Baru, terlihat juga Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Luhak Nan Duo, Ketua Tim Penggerak PKK Nagari Koto Baru beserta jajatan termasuk ninik mamak dan tokoh masyarakat.

Dari kiri ke kanan, Ny.Titi Hamsuardi , Ny.Harneli Mahyeldi, Ny.Fitri Risnawanto

Ketua PKK Prov.Ny.Harneli Mahyeldi mengatakan, kegiatan penilaian ini adalah dalam rangka mendorong TP PKK di setiap daerah agar melakukan pembinaan secara berjenjang hingga ke tingkat dasawisma dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Disamping juga untuk mempererat silaturrahim dan rasa kebersamaan dengan TP PKK di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

“Hasil pembinaan dari masing-masing daerah inilah yang hari ini kami nilai. Daerah yang terpilih sebagai yang terbaik nantinya juga akan mewakili Sumatera Barat di tingkat nasional dalam lomba yang sama,” ujar Neli.

Keberhasilan program PKK, sebut Neli sangat ditentukan dari keterpaduan dan saling bahu membahu antara kader PKK dengan masyarakat dan dukungan instansi terkait.

“Dengan adanya penilaian yang dilakukan setiap tahun ini, kita juga berharap kader PKK mampu memahami seluruh program PKK secara komprehensif,” jelasnya.

Setidaknya, ada lima kategori yang dinilai dalam Lomba Gerakan PKK Tahun 2019, sebut ketua PKK Kabupaten Pasbar. Ny.Titi Hamsuardi yakni antara lain tertib administrasi, pola asuh anak dan remaja, UP2K, Hatinya PKK, dan pelaksanaan IVA test.

Menurutnya Tim penggerak PKK sebagai salah satu mitra Pemkab tentu sejalan dengan visi misi yakni membangun Pasbar dalam melaksanakan meningkatkan Imtaq dan keluarga sehat serta pendidikan.

Tim penilai saat panen sayuran

Situasi kondisi pandemi yang memberikan banyak dampak hampir di semua lini. Makanya untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya dukungan semua pihak, khususnya kepada tim PKK untuk ikut mensosialisasikan protokoler kesehatan dengan program perencanaan keluarga sehat.

“Dengan adanya jalinan kerja sama ini, terutama dalam meningkatkan kolaborasi PKK melalui 10 programnya tentu akan dapat terjadi sinkronisasai yang baik di pemerintahan, Insyahallah harapan kita dalam menghadapi pandemi ini melalui kerjasama akan dapat kita lalui dengan baik,” harapnya

Semoga dengan adanya penilaian Tim Penilai Lomba Gerakan PKK ini dapat memotovasi bagi Kabupaten Pasbar ke depan. Sebab, adanya masukan dan arahan dari Tim PKK Provinsi akan mampu menjadi salah satu pedoman gerak PKK Pasbar untuk lebih baik dan mengantar Tim PKK Pasbar menjadi juara tingkat Provinsi nantinya dan memberikan yang terbaik khususnya masyarakat Pasaman Barat.

Bupati melalui Wabup Pasbar, H. Risnawanto atas nama masyarakat pada kesempatan itu juga menyampaikan harapan masyarakat Pasbar kepada rombongan dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar khususnya Tim Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar kiranya dapat memberikan nilai yang terbaik bagi Nagari Koto Baru hingga mampu memotivasi serta menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Tuah Basamo ini.

Tim penilai saat panen sayuran

Sementara itu, Ketua TP.PKK Kabupaten Pasbar, Ny.Titi Hamsuardi pada sambutannya mengatakan kegiatan Lomba gerakan PKK Tahun 2021 di Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Dua Senin 31 MEI 2021 sengaja dipusatkan di Kantor Wali Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Dua Kabupaten Pasaman Barat karena Tim PKK Koto Baru telah berhasil keluar sebagai yang terbaik di tingkat Kabupaten Pasbar.

Terlebih dahulu Ny.Titi mengucapkan Selamat  Datang dI Bumi Tuah Basamo tepatnya dI Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat kepada Tim Penilai Provinsi.

Menurutnya dari hasil penialaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Kabupaten Pasaman Barat beberapa waktu yang lalu telah diselenggarakan. Hasilmya Nagari Koto Baru terpilih sebagai pemenang yang akan mewakili Kabupaten Pasbar untuk mengikuti penilaian Gerakan PKK Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumbar.

Penilaian meliputi 5 kategori lomba yaitu kategori Tertib administrasi PKK yang nantinya akan berlokasi di Kantor Wali Nagari Koto Baru, Pola Asuh Anak Remaja di Era Digital (PAAREDI) yang lokasinya di kantor Wali Nagari Persiapan Ophir, dan Kelompok UP2K dan Kawasan Aku Hatinya PKK bertempat di Jorong Mahakarya sedangkan Kategori Keluarga PKK Gagah Bencana lokasinya di Ophir Barat.

Harapan Ny.Titi apa yang disajikan ini nantinya dari semua masing-masing Kategori akan memberikan kepuasan kepada Tim Penilaian dan Kabupaten Pasaman Barat akan mendapatkan hasil penilaian yang memuaskan. ***

Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here