Beranda REGIONAL DPC PDI Perjuangan Kab. Karawang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

DPC PDI Perjuangan Kab. Karawang Gelar Simulasi Penanganan Bencana

1423
0
DPC PDIP kabupaten Karawang Bersama BPBD

KopiPagi | KARAWANG : DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Karawang  bekerja sama dengan  Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penanganana Bencana dan dihadiri seluruh kader.

Sosialisasi dan Simulasi Penanganan Bencana tersebut digelar di Aula Dr. H.Taufik Kiemas  Jalan Ranggagede 125 Tanjung Pura  Karawang, Rabu (26/05/2021)Siang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Karawang Taufik Ismail mengatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah menginstruksikan para kader harus hadir bersama-sama dengan rakyat ketika terjadi bencana. Apalagi dilihat dari letak geografis, Indonesia memiliki potensi bencana sangat tinggi di berbagai daerah.

Disebutkan, saat ini bangsa kita tengah dilanda bencana. Ini nantinya kader partai khususnya Baguna PDI Perjuangan bisa kita terjunkan. Tentunya tidak bisa hanya mengandalkan pihak BPBD saja, tapi kader PDI Perjuangan khususnya Baguna PDI Perjuangan dilatih untuk bisa membantu dan bersinergi dengan BPBD.

Bukan hanya itu saja, mereka akan berperan langsung dalam penanganan bencana. Sosialisasi dan Simulasi ini sekaligus sebagai upaya membangun kesadaran di tengah masyarakat agar lebih sigap, siap dan tangguh  ketika terjadi bencana.

“Ibu Megawati menyerukan kita harus selalu tanggap darurat, gerak cepat, tepat sasaran karena banyak daerah di Indonesia termasuk rawan dan punya potensi tinggi terjadi bencana,” papar Kang Pipik Sapaan akrab Ketua DPC PDI Perjuangan.

Disampaikan, DPC PDI Perjuangan pada  tanggal 26 setiap bulannya rutin melakukan sosialisasi dan Simulasi penanganan bencana  oleh BPBD. Hal itu dinilainya sangat membantu pemerintah dalam membudayakan semangat gotong royong dengan masyarakat dalam menghadapi dan menangani bencana.

Sementara itu Sekertaris Baguna DPC PDI Perjuangan Karawang, Ketut Sudiana menyebutkan tujuan pelaksanaan sosialisasi dan simulasi penanganan bencana ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya Baguna PDI Perjuangan Karawang agar selalu waspada terhadap bencana, penanggulaangan serta penangaan saat kejadian bencana.

Sosialisasi dan simulasi tersebut menurut Ketut untuk memberikan pemahaman kepada Baguna terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) saat kejadian bencana dan bagaimana berkoordinasi dengan instansi terkait jika ada bencana.

“Sosialisasi dan Simulasi ini diberikan agar korban bencana bisa diminimalisir,” kata Ketut.

Ia berharap, adanya sosialisasi dan simulasi penangan bencana dari BPBD, Baguna PDI Perjuangan memiliki wawasan terkait penanggulangan bencana. Sehingga jika ada suatu bencana bisa siap siaga dan tanggap terhadap bencana tersebut. Sebab, bencana itu sifatnya tidak bisa diprediksi tapi bila terjadi kita harus bisa merespon dengan cepat dan tepat. ***

Pewarta : Erwin Sudarto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here