Beranda REGIONAL KPH Humbahas : Benih Tanaman Buah itu Urusan BPDAS Pematang SiantarĀ 

KPH Humbahas : Benih Tanaman Buah itu Urusan BPDAS Pematang SiantarĀ 

335
0

KopiPagi | TOBA : Beberapa jenis benih tanaman buah yang menggunakan media tanam polybag di Desa Aek Bolon Jae Balige, Kabupaten Toba Sumatera Utara, dipertanyakan. Pasalnya, bibit yang dikirimkan di Desa Aek BolonĀ  sejak bulan Desember 2020 belum di tanam.Ā 

Informasi dari masyarakat Desa Balige, menyebutkan bahwa bibit jenis tanaman buah Alpukat, Durian, Kemiri, Kopi dan Kayu Pinus tersebut didatangkan pada bulan Desember 2020 dari Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Bibit tanaman itu diangkut menggunakan dua mobil truk.

Disebutkan, benih tanaman buah dan kayu Pinus tersebut sedianya akan ditanam di Pengunungan Dolok Tarutung. Namun hingga kini benih tanaman buah dan yang lainnya belum ditanam. Sangat disayangkan benih tanaman tersebut akan terbuang sia-sia karena kurang terawat dan diperkirakan bakal layu dan mati.

Pantauan awak media di lokasi tempat pembesaran benih muda di Desa Aek Bolon Jae Balige, di Kesatuan Pengelolahan Hutan (KPH) wilayah XIII Dolok Sanggul yang berkantor di Kabupaten Humbahas terlihat sebagian benih tanaman buah itu sudah tidak layak lagi untuk ditanam. Benih tanaman buah-buahan tersebut terlalu lama disimpan sejak bulan Desember 2020 yang laud an sebagian sudah layu.

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara KPH wilayah XIII Dolok Sanggul yang berkantor di Kabupaten Humbang Hasundutan Benhard Purba menyampaikan, bahwa adanya benih tanaman buah itu dia tidak mengetahuinya. Walau benih itu berada di wilayah lingkunganya di Kesatuan Pengelolahan Hutan (KPH) wilayah XIII di Desa Aek Bolon Jae.

“Itu benih urusan BPDAS Pematang Siantar, saya tidak mengetahuinya. Oleh sebab itu tanya saja ke BPDAS,ā€ sebut KPH Benhard Purba melalui seluler, Senin (03/05/2021). Julius P. Siahaan.Ā ***

Ā Pewarta : Julius Parto Siahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here