Beranda REGIONAL Kapolres Salatiga Pimpin Sosialisasi Penyekatan Arus Mudik di Exit Tol Tingkir

Kapolres Salatiga Pimpin Sosialisasi Penyekatan Arus Mudik di Exit Tol Tingkir

451
0
Penyekatan perjalanan arus mudik di Exit Tol Tingkir Salatiga. (Foto Heru Santoso)

KopiPagi | SALATIGA : Memasuki masa arus mudik Lebaran 2021 dan bahkan sudah mulai banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik melintasi jalur di wilayah Salatiga, Polres Salatiga memulainya dengan melaksanakan penyekatan arus mudik di Exit Tol Tingkir, Kota Salatiga pada Selasa (27/04/2021).

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS menyatakan, bahwa tujuan dilakukannya penyekatan pintu keluar masuk wilayah perbatasan Kota Salatiga, intinya untuk mencegah masyarakat yang akan mudik. Serta untuk memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat terhadap masyarakat. Selain itu, akan dilaksanakan rapid antigen untuk mengetahui kondisi pengendara kendaraan yang melintas khususnya di Exit Tol Salatiga.

“Kegiatan yang kita lakukan ini merupakan bentuk sosialisasi secara masif terkait kebijakan larangan mudik oleh pemerintah. Jika diperlukan akan dilaksanakan penegakan hukum terhadap tindak pidana yang terjadi dan berpotensi dapat mengganggu sitkamtibmas. Khususnya dalam menyambut perayaan Idul Fitri 1442 H di tengah pandemi Covid-19. Adapun langkahnya dengan mengutamakan langkah preemtif dan preventif, jelas AKBP Rahmad Hidayat didampingi Kasubbag Humas AKP Hari ST.

Sebelum menggelar penyekatan diawali dengan apel. (Foto Heru Santoso)

Dalam kegiatann tersebut, Kapolres Salatiga didampingi Wakapolres Kompol Eko Kurniawan, Kabag Ops Kompol Budiyuwono Fajar Wisnugroho, PJU Polres Salatiga, personil Satlantas, Sat Sabhara dan Urkes Polres Salatiga.

Sementara itu, bersamaan kegiatan tersebut digelar juga pemeriksaan surat-surat, cek kondisi kesehatan pengemudi serta penumpang. Jika ditemukan pengendara maupun penumpang yang terindikasi suhu badan tinggi, maka petugas Urdokkes Bagsumda Polres Salatiga langsung melakukan tes swab antigen. Ini dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan terpapar Covid-19.

“Jika hasil swab antigen ada terindikasi positif Covid-19, maka Polres Salatiga langsung koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota untuk menentukan tempat karantina. Namun, apabila ada penolakan maka wajib untuk putar balik ke tempat asalnya. Ini sekaligus sebagai langkah antisipasi bagi pemudik yang berangkat lebih awal, ujar Kompol Budiyowono Fajar Wisnugroho.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 22 orang pengendara kendaraan yang keluar dari Exit Tol Tingkir Kota Salatiga telah melakukan rapid. Dari jumlah itu, seorang diantaranya Derwin Nalendra warga Surabaya terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian langsung diberikan surat keterangan untuk memutar baalik kembali ke Surabaya.  ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here