Beranda NASIONAL Presiden Jokowi Instruksikan TNI – Polri : Buru dan Tangkap KKB di...

Presiden Jokowi Instruksikan TNI – Polri : Buru dan Tangkap KKB di Papua

48
0
Presiden Jokowi dalam jumpa pers virtual didampingi Wapres Ma'ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan Senin (26/4)…

KopiPagi | JAKARTA : Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pernyataan tegas terkait kekejian kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang sudah menyasar Kepala BIN Daerah Papua (Kabinda Papua), Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya.

Kabinda Papua menjadi korban setelah terjadi baku tembak denngan KKB di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Papua. Saat ini, jenazah Kabinda Papua sudah dievakuasi. Jenazah akan diterbangkan ke Jakarta untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam jumpa pers virtual yang disiarkan melaui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/4) itu, Presiden meminta TNI dan Polri untuk menangkap KKB. Jokowi menegaskan tak ada tempat bagi KKB di Indonesia termasuk Papua.

“Saya juga telah memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB. Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air,”

Dikesempatan itu, selain menyampaikan duka mendalam terkait gugurnya Brigjen Putu Danny, Presiden juga akan menaikkan pangkat Brigjen Putu Danny.

“Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian serta pengorbanan Brigjen I Gusti Putu Danny,” kata Jokowi.

Dalam jumpa pers virtual yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (26/04/2021) itu, hadir pula Wapres Ma’ruf Amin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Diketahui, Brigjen Putu Danny gugur dalam kontak tembak dengan KKB Papua di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua pada Minggu (25/04/2021). Kontak tembak itu terjadi saat satgas BIN dan Satgas TNI/Polri melakukan patroli.

Sementara itu, Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto mengatakan Putu Danny dikenal dengan sosok yang berprestasi. Putu Danny juga disebut memiliki prestasi yang cemerlang.

“Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau dikenal memiliki karier cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras,” kata dia.

Wawan mengatakan, Putu Danny juga dekat dengan masyarakat selama menjalankan tugasnya. Gugurnya Putu Danny di medan perang, kata Wawan adalah kebanggaan tertinggi insan intelijen.

“Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen,” kata Wawan. Otn/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here