Beranda REGIONAL Peringati HUT ke 22 Kota Cilegon : KAMMI Gelar Diskusi Sejarah Cilegon

Peringati HUT ke 22 Kota Cilegon : KAMMI Gelar Diskusi Sejarah Cilegon

429
0

KopiPagi | CILEGON : Pengurus daerah KAMMI Cilegon mengadakan diskusi publik dengan tema “mengupas peristiwa sejarah cilegon” yang diselenggarakan hari minggu tanggal 25 April 2021. Dalam agenda tersebut turut menghadirkan narasumber yaitu bapak akhdi zuhri dan kang saipul iskandar.

Pada kesempatan ini ketua umum KAMMI Cilegon Ediyansyah menuturkan bahwa diskusi ini sekaligus juga merupakan momen peringatan HUT Kota Cilegon yang ke 22 tahun dan lebih lanjut menyampaikan, “Kita ingin merefresh kembali bagaimana sejarah dan juga rentetan peristiwa juga tokoh-tokoh perjuangan yang sebenarnya patut kita pelajari. Dan ketika kita cermati memang nilai historis di Cilegon ini sangat menarik, mulai dari peristiwa pemberontakan geger Cilegon dan juga tokoh-tokohnya seperti KH. Wasit, KH. Syamun dan tokoh lainnya.

Selain itu ada juga basis pendidikan Islam yang menjadi basis kekuatan intelektual umat Islam seperti Madrasah Alkhairiyah dan Pesantren Al Jauharotunnaqiyah. Artinya, memang para pendahulu memiliki semangat untuk memajukan peradaban di daerah ini.

Kemudian narasumber lain Kang Saipul yang juga sejarawan dan peneliti situs artefak menuturkan ada beberapa peninggalan sejarah di  daerah Merak dan Gunung Batur yang sarat nilai historis dan juga beliau menyampaikan rentetan peristiwa geger  Cilegon yang merupakan pemberontakan melawan penjajahan Belanda.

Dan narasumber lainnya Akhdi Zukhri menyampaikan secara historis geografis Cilegon dahulu banyak terdapat Kobakan atau rawa-rawa sehingga dinamakan lah Cilegon cai = air ,lagoon = keruk atau rawa-rawa dan lebih lanjut menceritakan tokoh-tokoh seperti KH. Abdul Latif yang juga merupakan panitia persiapan Kemerdekaan yang merupakan orang Cilegon.

Di penghujung acara, Ediyansyah berharap agar agenda diskusi sejarah ini menjadi pemicu juga agar generasi muda di kota Cilegon melek terhadap sejarah identitas daerahnya..*Asr/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here