Beranda KESEHATAN Lagi, 6 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba : Menkes Harap Vaksinasi Lancar

Lagi, 6 Juta Bulk Vaksin Sinovac Tiba : Menkes Harap Vaksinasi Lancar

421
0
Sebanyak 16 juta dosis bahan baku (bulk) vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Tanah Air pada Kamis, 25 Maret 2021 siang di Bandara Soekarno - Hatta Cengkareng. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

KopiPagi | JAKARTA : Sebanyak 6 juta bulk vaksin sinovac tiba di Indonesia hari ini, Minggu (18/04/2021). Ini merupakan penerimaan tahap kedelapan. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin berharap vaksinasi April-Mei 2021 lancar. Adanya kedatangan bahan baku vaksin Sinovac dapat menambah produksi vaksin jadi yang diolah PT Bio Farma Bandung.

Dengan masuknya 6 juta bulk vaksin ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut saat ini Indonesia telah menerima 59,5 juta bulk vaksin asal Tiongkok itu. Dengan penambahan dosis tersebut diharapkan kkegiatan vaksinasi bulan April-Mei dapat berjalan lancar.

“Dengan demikian, kami harapkan program vaksinasi untuk seluruh daerah, seluruh provinsi, seluruh kabupaten kota madya bisa terus berjalan untuk bulan April dan Mei dengan lancar dan juga dengan baik,” ucapnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu (18/04/2021).

Budi Gunadi juga berpesan, program vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadan 2021 terus berjalan. Vaksinasi pun tidak membatalkan puasa.

“Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, baik Kepala Daerah, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, terus jalankan program vaksinasi,” pesannya.

“Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah bilang, bahwa selama bulan puasa, vaksinasi Covis-19 tidak membatalkan puasa, jadi terus dijalankan.”

Adapun kedatangan 6 juta bahan baku vaksin Sinovac dari Tiongkok hari ini, Minggu (18/04/2021) merupakan bagian dari pengiriman 140 juta bulk vaksin yang akan diterima Indonesia pada tahun 2021.

Dia menjelaskan, Bahan baku vaksin ini akan diproses kembali oleh Bio Farma. Dirinya berharap ada penambahan dosis vaksin lagi dalam satu bulan ke depan. Hal ini tak lain guna meneruskan program vaksinasi nasional.

“Diharapkan dalam 1 bulan ke depan kami bisa menerima tambahan sekitar dua puluhan juta dosis lagi hasil produksi dari Biofarma atas kedatangan bulk vaksin ini,” kata dia.

Untuk diketahui, sebanyak 6 juta vaksin Covid-19 tahap kedelapan dari PT Sinovac Biotech, Beijing, Tiongkok akhirnya tiba di Indonesia melalui Terminal Kargo, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (18/04/2021). Jutaan vaksin tersebut tiba pada pukul 12.22 WIB menggunakan makspai Garuda Indonesia.

“Telah tiba 6 juta vaksin sinovac yang mana bagian dari 140 juta bulk vaksin. Nantinya, vaksin ini akan langsung dikirim ke fasilitas produksi PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat,” kata Menteri Kesehatan.

Ia melanjutkan, dari kedatangan vaskin tersebut, Indonesia akan mampu memproduksi 20 juta dosis vaksin yang nantinya akan mencukupi kebutuhan program vaksinasi di bulan April hingga Mei 2021. *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here