Beranda REGIONAL Jelang Ramadhan : Warga Binaan Rutan Salatiga Bersihkan Masjid

Jelang Ramadhan : Warga Binaan Rutan Salatiga Bersihkan Masjid

115
0
Para warga binaan usai bersih-berih foto bersama. (Foto Heru Santoso)

KopiPagi| UNGARAN : Menjelang bulan Ramadhan 2021 dan rangkaian HUT ke 57 Pemasyarakatan, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Salatiga menggelar acara ‘bakti sosial’ (Baksos) bersih-bersih Masjid Baitul Muttaqin, Dusun Petet, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jumat (09/04/2021). Dan ini sebagai wujud adaptasi dan menghilangkan stigma negatif akan keberadaan mereka semua.

Kepala Rutan Kelas II B Salatiga, Andri Lesmano mengatakan, dalam kegiatan bersih-bersih ini juga melibatkan warga binaan Rutan Salatiga. Kegiatan yang dilaksanaakan dengan bersih-bersih masjid itu  juga bagian dari wujud adaptasi dan menghilangkan stigma negatif terhadap mereka. Bahkan, hasil dari baksos ini dapat dirasakan masyarakat karena khususnya menjelang  bulan Ramadan 2021 ini.

Seorang warga binaan saat bersihkan karpet masjid. (Foto Heru Santoso)

“Puluhan napi atau warga binaan ini tidak lama lagi akan bebas dari penjara. Usai keluar dari penjara hendaknya dapat berbaur bersama masyarakat di tempat asalnya serta tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Mereka itu, rata-rata terjerat akan kasus kriminal umum, baik kasus judi hingga pencurian dan harus menjalani hukuman penjara selama 4 hingga  6 tahun,” kata Kepada Rutan Salatiga Andri Lesmako didampingi Humas Nuryadi kepada koranpagionline.com, Jumat (09/03/2021).

Para warga binaan yang mengikuti bersih-bersih masjid ini, mengaku bangga dan senang dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial. Bahkan, ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dapat menikmati udara di luar rutan.

“Terus terang, saya dan teman-teman senang dapat menikmati udara bebas diluar rutan. Tidak lupa apresiasi kepada Rutan Salatiga yang telah melibatkannya dalam baksos di masjid ini,” tandas Sigit, salah seorang warga binaan.  ***

 Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here