Beranda REGIONAL Rutan Salatiga & Kemenag Kerjasama Pembinaan & Pendidikan Warga Binaan

Rutan Salatiga & Kemenag Kerjasama Pembinaan & Pendidikan Warga Binaan

83
0
Kepala Rutan Salatiga dan Kepala Kemenag tandatangani perjanjian kerjasama. (Foto Heru Santoso)

KopiPagi | SALATIGA : Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Salatiga menggandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Salatiga dalam upaya pembinaan dan pendidikan karakter bagi warga binaan serta upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, ini diwujudkan dengan ditandatangani perjanjian kerjasama kedua pihak di kantor Kemenag Salatiga, Selasa (30/03/2021).

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, perjanjian kerjasama itu dalam rangka pembinaan kerohanian dan juga peningkatan produktifitas warga binaan Rutan Salatiga. Selain itu, sebagai wujud dalam peningkatan kualitas pembinaan dan pendidikan karakter. Harapannya, pembinaan yang sudah berjalan dapat lebih ditingkatkan dan terprogram.

“Dalam rangka upaya membentuk warga binaan pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, dalam artian menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana serta menjadi manusia yang bermanfaat. Ini kami tuangkan komitmen dalam perjanjian kerjasama bersama Kantor Kemenag Salatiga. Harapannya, pembinaan yang ada lebih terprogram dan dapat diterima dan diserap oleh warga binaan,” jelas Andri Lesmano didampingi Humas Rutan Nuryadi kepada koranpagionnline.com, Selasa (30/03/2021).

Kepala Rutan Salatiga dan Kepala Kemenag tunjukkan perjanjian kerjasama. (Foto Heru Santoso)

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Salatiga Taufiqur Rahman menyatakan, pihaknya menyambut baik dan apresiasi atas kerjasama yang dilakukan ini. Khususnya, di bidang pembinaan bagi warga binaan Rutan Salatiga. Sebelumnya juga telah terlaksana, namun perjanjian yang lama itu telah habis masanya. Karena masa pandemi Covid-19, pembinaan untuk sementara vacum.

“Dengan adanya pembinaan bagi warga binaan Rutan Salatiga ini, diharapkan ke depannya warga binaan akan mendapat bekal ilmu agama yang dapat bermanfaat saat mereka bebas. Selain itu, akan dapat diterima kembali oleh masyarakat dan utamanya keluarga. Serta, dapat hidup secara normal sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik dan berakhlak mulia,” katanya.

Ditambahkan, menyambut bulan Ramadhan mendatang, di Rutan Salatiga akan diprogramkan khusus pembinaan kerohanian Islam, Kristen, Katholik maupun sesuai ajaran masing-masing warga binaan. Bukan hanya itu, direncanakan digelar pesantren kilat. Intinya, demi meningkatkan kualitas ibadah di tengah bulan Ramadhan. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here