Beranda MEGAPOLITAN Satpam Sebagai Fungsi Terdepan Antisipasi Penyebaran Klaster Baru Covid-19

Satpam Sebagai Fungsi Terdepan Antisipasi Penyebaran Klaster Baru Covid-19

55
0

KopiPagi | JAKARTA: Peran serta fungsi Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai pelaksana fungsi kepolisian terbatas dalam situasi pandemi Covid-19 sangatlah dikedepankan. Pasalnya, Satpam sebagai fungsi terdepan baik dalam fungsi pengamanan hingga fungsi pencegahan klaster-klaster baru Covid-19 baik dari perusahaan maupun instansi hingga perkantoran yang menjadi tempat pelayanan publik.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo melalui Wakapolres Metro Jakarta Barat, Akbp Dr Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, saat ini pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir di seluruh penjuru dunia sangatlah mempengaruhi berbagai dampak, salah satunya yaitu dampak ekonomi.

Oleh sebab itu permasalahan Covid-19 harus ditangani oleh banyak pihak salah satunya adalah fungsi satuan pengamanan (Satpam) sebagai fungsi terdepan dalam mengantisipasi terjadi penyebaran Covid-19 ataupun klaster-klaster baru di perkantoran, perusahan maupun instansi pemerintah.

“Peranan Fungsi Satuan pengamanan dalam melakukan langkah antisipasi yang cepat sehingga meminimalisir terjadi nya klaster baru Covid 19 ” ujar Akbp Dr Bismo Teguh Prakoso, Selasa (30/03/2021).

Dimana fungsi Satpam dalam menjalankan tugas dengan profesional, dengan menerapkan protocol kesehatan (Prokes) dan memberikan himbauan kepada pengunjung maupun karyawan baik dalam perusahaan, perkantoran maupun instansi dalam menerapkan Prokes di tengah pandemi Covid-19 saat ini dengan menerapkan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama Kasubdit Satpam Dit Binmas Polda Metro Jaya Akbp Jajang Hasan Basri Sag, M. Si. mengatakan bahwa fungsi Satpam telah diatur dalam Perpol No 4 tahun 2020 tentang Pamswakarsa dalam hal ini tugas dan peranan fungsi satuan pengamanan telah diatur dalam Perpol tersebut

“Dimana Satpam saat ini memiliki seragam baru dalam penggunaan seragam tersebut telah diatur dalam Perpol No 4 tahun 2020 ” ujar Akbp Jajang Hasan Basri Sag, M. Si.

Fungsi peranan Satpam dalam penanganan Covid-19 di lingkungan kerja diharapkan menjadi pelopor dalam proses kelancaran vaksinasi Covid-19 saat ini.

Di waktu yang sama, Sekum BPD Abujapi Jaya, Brigjen Pol Purnawirawan Adv Drs Edhi Susilo, SH. MBA mengatakan, dimana fungsi Satpam merupakan garda terdepan dalam fungsi peran pengamanan lingkungan, berbagai tindak kejahatan bahkan aksi pencegahan tindak pidana teroris personel Satpam mencegah dan meminimalisir terjadinya korban jiwa akibat ledakan bom.

“Kita melihat bagaimana fungsi petugas satuan pengamanan ini sebagai garda terdepan dalam keamanan lingkungan,” ujarnya.

Seperti diketahui pelaksanaan FGD (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan di Hotel Santika Jalan Aipda KS Tubun Slipi Jakarta Barat, dihadiri dari kepengurusan pengemban fungsi Satpam dan tetap mematuhi Prokes sesuai anjuran pemerintah. Hms/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here