Beranda MEGAPOLITAN Polres Jakpus : Ada Mekanisme Screening Bagi yang Masuk Tempat Ibadah

Polres Jakpus : Ada Mekanisme Screening Bagi yang Masuk Tempat Ibadah

376
0
Pengamanan tempat ibadah di Jakaarta Pusat ditingkatkan.

KopiPagi | JAKARTA : Polres Metro Jakarta Pusat mengambil sejumlah upaya terkait antisipasi peledakan di rumah Ibadah, paska kejadian bom bunuh diri di depan Gereja Kathedral Kota Makassar Sulawesi Selatan dan pola aksi bom bunuh diri sebelumnya yang terjadi di Surabaya dan Medan.

Pola kegiatan yang dilakukan guna mengantisipasi upaya serupa  dengan peningkafan kegiatan preemtif dan preventif. Diantaranya, meningkatkan penjagaan dan patroli di gereja dan tempat ibadah lain di wilayah hukum Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi memaparkan upaya yang dilakukan yakni menempatkan mobil patroli dan anggota di sekitar gereja-gereja sebagai bagian dari upaya preventif. Kemudian dibangun mekanisme screening terhadap orang yang akan masuk ke tempat ibadah.

“Melaksanakan patroli skala besar dengan melibatkan unsur TNI, Pemda, pam Swakarsa serta komponen bangsa yang lain,” ujarnya, Minggu (28/03/2021)/

Kemudian, memberdayakan pengaman internal gereja atau tempat ibadah melalui kegiatan yang memberikan motivasi dan arahan untuk meningkatkan kewaspadaan. Selanjutnya, mengecek fungsi CCTV di gereja atau tempat ibadah dan sekitarnya dan dipastikan berfungsi.

Tedakhir melaksanakan  sambang dan tatap muka kepada pengurus dan jemaat gereja atau tempat ibadah untuk memberikan rasa aman.

“Mewaspadai adanya aksi teror bom bunuh diri lanjutan yang menyasar sasaran lain. Oleh karenanya tetap perketat pengamanan obyek vital yang lain serta terapkan buddy system bagi anggota yang bertugas di lapangan sembari melakukan penjagaan terhadap gereja atau tempat ibadah,” katanya.

Pengecekan ini juga dilakukan bersama unsur TNI yang dipimpin Dandim 0501/ JP BS  Kolonel inf Luqman Arief dan unsur yang lain. Hms/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here