Beranda REGIONAL Polres Toba Tingkatkan Pengamanan Tempat Beribadah Gereja di Kab. Toba

Polres Toba Tingkatkan Pengamanan Tempat Beribadah Gereja di Kab. Toba

82
0
Polres Toba meningkatkan pengamanan di tempat peribadaan untuk antisipasi aksi teror.

KopiPagi | TOBA : Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya. S. Ik, SH. MH menyampaikan, pelaksanaan pengamanan ibadah Gereja-geraja rutin dilaksanakan dengan kewaspadaan dan melalui arahan-arahan pimpinan tentang pelaksanaan pengamanan (SOP) hari Minggu pukul 08.00 wib agar jamaat gereja merasa aman untuk melaksanakan ibadah, Minggu  (28/03/2021).

Polres Toba secara rutin melaksanakan pengamanan tempat beribadah, khususnya di gereja-gereja agar para jamaat merasa tenangm aman dan nyaman dalam kegiatan ibadah. Pengamanan juga ditingkatkan dan diperketat dalam pengawasan dan pemeriksaan bagi semua jemaat tanpa kecuali. Demikian disampaikan Kapolres Toba melalui Kasubag Humas Hairuiddin Pasaribu.

Sebelum jamaat gereja melaksanakan ibadah, personil yang melaksanakan pengamanan terlebih dahulu memeriksa ruangan gereja di setiap sudutnya. Selanjutnya memperhatikan jamaat yang datang beribadah ke gereja, memperhatikan orang-orang yang datang dan bila ada orang tidak dikenal atau mencurigakan agar diperiksa.

Setelah semua jamaat masuk ke dalam gereja untuk melaksanakan ibadah, personil Polri menjaga di luar gereja dengan memperhatikan kemaaman di sekitar gereja. Sehingga para jamaat yang melaksanakan ibadah gereja merasa aman dan myaman.

Adapun gereja-gereja yang dilakukan pengaman antara lain Gereja Katholik Santo Yosef Balige, Gereja HKBP Tampubolon, Gereja HKBP Kota Balige, Gereja HKBP Soposurung dan semua gereja yang ada di Kabupaten Toba dilakukan pengamanan ektra ketat.Dalam pengamanan ibadah gereja, personil menganjurkan untuk mematuhi Prokes Covid-19 untuk menghambat penyebarannya pandemi di wilayah Kabupaten Toba.

Kapolres Toba Akbp Akala Fikta Jaya, S.IK,SH,MH, mengatakan, setiap anggota yang melaksakan pengamanan ibadah Gereja sudah diberikan arahan tentang pelaksanaan pengaman sesuai (SOP) sehingga anggota tidak ragu dalam mengambil tindakan di lapangan dan bekerja sama dengan TNI dan  masyarakat.

Kapolres ungkapkan bahwa di wilayah hukum Kabupaten Toba ada 16 Kecamatan, 13 kelurahan dan 231 desa serta luas wilayah 2.328,89 Km2 dengan jumlah penduduk 183.712 jiwa.  Untuk itu personil Polri secara rutin melakukan pengamanan pada saat gereja-gereja melakukan kegiatan ibadah. ***

Pewarta : Julius P. Siahasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here