Beranda REGIONAL Bupati Semarang Terima Bantuan 400 Baju Hazmat dari PC Fatayat NU

Bupati Semarang Terima Bantuan 400 Baju Hazmat dari PC Fatayat NU

136
0
Fatayat NU Kab Semarang sumbangkan APBD berupa Baju Hazmat ke Pemkab Semarang. (Foto IST)

KopiPagi | UNGARAN : Sebanyak 400 unit alat pelindung diri (APD) berupa Baju Hazmat disumbangkan oleh Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Semarang kepada Pemkab Semarang, summbangan itu diterima langsung Bupati Semarang H Ngesti Nugraha didampingi Kepala BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto di Kantor BPBD Kabupaten Semarang, Jalan Ki Sarino Mangunpranoto No 55 Ungaran, kemarin.

Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Semarang Umi Sobihah menyatakan, bahwa penyerahan bantuan 400 unit baju hazmat itu  merupakan salah satu pelaksanaan program kerja bidang sosial dalam rangkaian kegiatan Fatayat Peduli Bencana (FPB) tahun 2021. Sebagai salah satu organisasi perempuan, di masa pandemic Covid-19 ini ingin memberikan kontribusi yang nyata kepada pemerintah. Salah satunya memberikan bantuan sebanyak 400 unit baju hazmat ini.

“Baju hazmat tersebut merupakan alat pelindung diri (APD) paling utama bagi petugas medis yang tengah berjuang merawat pasien Covid-19. Selain itu, juga diperlukan bagi para petugas dalam proses pemakaman pasien Covid-19. Ini semua agar terhindar dari paparan Covid-19 yang telah menyebabkan kematian mencapai puluhan ribu jiwa di Indonesia hingga pertengahan bulan Maret 2021 ini, terang Umi Sobihah dalam rilisnya yang diterima koranpagionline.com, Sabtu (27/03/2021).

Kepala BPBD Kab Semarang tandatangani penyerahan Baju Hazmat dihadapan Bupati Semarang H Ngesti Nugraha. (Foto IST)

Ditambahkan, baju hazmat ini fungsinya sangat vital, harapannya dengan bantuan baju hazmat ini dapat benar-benar dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan peruntukannya. Bantuan baju hazmat ini merupakan hasil karya kader Fatayat NU Kabupaten Semarang yang memiliki rumah produksi di Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Sementara itu, Bupati Semarang H Ngesti Nugraha menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada PC Fatayat NU Kabupaten Semarang atas donasi sebanyak 400 unit baju hazmat. Harapannya, kegiatan sosial ini dapat menginspirasi organisasi lain untuk ikut berpartisipasi bersama pemerintah khususnya dengan Pemkab Semarang dalam upaya penanggulangan bencana. Sekarang ini, khususnya bencana non alam yaitu pandemi Covid-19.

“Pemerintah dalam hal ini Pemkab Semarang pasti punya keterbatasan. Saya kira, dengan apa yang dilakukan oleh saudara semuanya dari Fatayat NU ini dapat menginspirasi ormas lainnya di Kabupaten Semarang ini. Yaitu, untuk ikut dan peduli bergerak bersama mencegah penyebaran Covid-19 maupun menangani dampak sosialnya,” jelas Ngesti Nugraha dalam sambutannya saat menerima bantuan baju hazmat tersebut.

Sedangkan, Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto menyebutkan, bahwa sebanyak 400 unit baju hazmat ru merupakan bantuan dari PC Fatayat NU Kab Semarang. Baju hazmat sebanyak itu nilainya mencapai Rp 20 juta. Selanjutnya, baju hazmat itu akan secepatnnya disalurkan kepada Satgas Covid-19 di Kabupaten Semarang.

“Baju hazmat ini akan kami salurkan kepada tenaga pemakaman di tingkat Gugus Covid-19 Kecamatan. Yang lingkup kerjanya hingga desa-desa atau kelurahan. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Semarang Bapak Ngesti Nugraha. Sekali lagi, kami secepatnya mendistribusikannya,” tandas Heru Subroto. ***

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here