Beranda MARKAS Tony Spontana Buka Pelatihan Dasar CPNS Kejaksaan Golongan III Tahun 2021

Tony Spontana Buka Pelatihan Dasar CPNS Kejaksaan Golongan III Tahun 2021

75
0
Kabandiklat Kejaksaan RI, Tony Spontana

KopiPagi | JAKARTA : Kepala Badan Pendidikan dan Latihan (Kabandiklat) Kejaksaan RI, Tony Spontana, Kamis (25/03/2021), secara daring membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan I sampai dengan IX Tahun 2021 di lingkungan Kejaksaan Agung. 

Dalam sambutannya, Tony Spontana mengatakan, perkembangan dunia telah sampai di zaman globalisasi yang diiringi perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih dan menghapuskan batas dan sekat antar negara dan antar budaya.

Hal ini menjadi tantangan dan harus menyiapkan strategi bagaimana menghadapi globalisasi tersebut. Globalisasi berperanan penting bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia karena mampu membantu masyarakat dalam upaya mencapai kesejahteraan hidup. Pada sisi lain globalisasi juga penuh tantangan dan kompetisi yang menuntut sumber daya manusia berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai bagian dari sumber daya manusia (SDM) Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas kompetensinya dan memiliki daya saing, sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien untuk dapat mendorong peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat guna menjawab semua tantangan di atas perlu dilaksanakan pembinaan PNS melalui jalur pelatihan.

“Salah satunya adalah pelatihan dasar CPNS yang telah didesain sedemikian rupa untuk mampu menjawab semua kebutuhan dan tantangan tugas yang dihadapi PNS ke depan,” ujar Tony Spontana.

Pada bagian lain sambutannya, Tony menyebutkan, pelatihan dasar CPNS bertujuan untuk membentuk PNS yang profesional, berkarakter yang dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar Aparatur Sipil Negara yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi, pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menguasai bidang tugasnya.

Pelatihan dasar CPNS merupakan langkah awal memberdayakan dan meningkatkan SDM maupun potensi diri sendiri, sehingga nantinya siap menjadi abdi masyarakat dan abdi negara yang profesional dalam melayani masyarakat, di samping tentu saja menjadi syarat utama pengangkatan sebagai PNS.

Pelatihan ini akan mengembangkan kompetensi sebagai pelayan masyarakat yang profesional dengan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka NKRI dan menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugas.

Dengan memiliki kemampuan tersebut diharapkan akan mampu melaksanakan tugas PNS sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta perekat dan pemersatu bangsa.

“Saudara juga diharapkan mampu menjadi motor kemajuan Indonesia yang mampu bekerja dengan cepat, responsif, efisien, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berani melakukan inovasi, mengikuti dinamika politik dan ekonomi, mendengar keinginan masyarakat dengan selalu mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara di atas kepentingan yang lain,” tutur Tony Spontana. ***

Pewarta : Syamsuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here