Beranda HUKRIM Terungkap : Modus Pencurian Bongkar Rumah Mewah Hingga Ubin Marmer

Terungkap : Modus Pencurian Bongkar Rumah Mewah Hingga Ubin Marmer

71
0
Kanit Krimum AKP Dimitri Kanit Krimum AKP Dimitri Mahendra pimpin penangkapan pelaku pencurian dalam mobil di SPBU Kanit Krimum AKP Dimitri Mahendra

KopiPagi | JAKARTA : Pencurian properti rumah mewah dengan modus baru menggasak seisi rumah hingga lantai ubin marmer dibongkar di wilayah hukum Kebon Jeruk Jakarta Barat, akhirnya terungkap. Lima orang pelaku yang berprofesi sebagai kuli bangunan diamankan petugas dan sseorang lagi masih diburu.

Kasus pencurian tersebut terbilang modus baru dengan membongkar rumah untuk mengambil material dan barang berharga lainnya tanpa seizin pemilik rumah yang berlokasi di Jalan Kedoya Alkamal, Kedoya Selatan Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, dalam kasus ini, 5 orang pelaku bderhasil ditangkap dan 1 orang masih dalam proses pencarian. Adapun 5 orang pelaku yang diamankan masing-masing So (47), Es (50), WI ( 33), Kn (50) dan SO (58). Mereka ini bekerja sebagai kuli bongkar.

“Modusnya pelaku mendapatkan orderan untuk melakukan pembongkaran atas barang bangunan rumah. Tiga orang sebagai kuli bongkar dan dua lainnya yang memerintah,” ujar Ady, Selasa (23/03/2021).

Dari hasil penyidikan sementara, pelaku yang sebelumnya ditangkap yakni So (58) yang menerima penawaran penjualan kayu yang masih terpasang di rumah tersebut dari HN (DPO) dengan kesepakatan harga sebesar Rp 15 juta. Kemudian, pelaku utama HN menyuruh pelaku SO untuk mengambil barang kayu sendiri ke lokasi tempat kejadian perkara (TKP).

“Dari hasil penyidikan, para pekerja kuli bongkar tersebut mendapatkan upah sebesar 125.000 rupiah per harinya,” ujar Kapolres Ady.

Seperti diketahui, kejadian pencurian yang direkam dalam video pendek dan diunggah ini sempat viral. Dalam video berdurasi 1 menit tersebut memperlihatkan sebuah rumah lantai dua itu porak-poranda layaknya hendak dirobohkan. Tak ada barang berharga yang tersisa, hanya tinggal tembok dan atap rumah. Kasus ini memang lain dari biasanya. Tidak seperti pencurian pada umumnya. Tidak hanya barang berharga yang digasak, melainkan hingga lantai marmer dan bahkan bagian penyangga atap juga turut disikat.

Bisa dibayangkan, rumah mewah berlantai dua itu tinggal kerangka tembok. Seluruh lantai berbahan marmer dicongkel oleh pelaku. Pintu-pintu rumah hingga kusen-kusen atap juga terlihat sudah tidak ada. Rumah itu hanya menyisakan dinding, atap, dan lantai tanpa marmer.

Menurut Kanit Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat, AKP Dimitri Mahendra menerangkan, pelaku sudah menggambar sekitar lokasi kejadian dan ketika tahu korbannya lengah, pelaku pun beraksi. Kini anggotanya tengah memburu pelaku utamanya. *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here