Beranda REGIONAL Tjahjo Kumolo dan Ganjar Pranowo Resmikan ‘MPP Smart’ Kota Salatiga

Tjahjo Kumolo dan Ganjar Pranowo Resmikan ‘MPP Smart’ Kota Salatiga

142
0
Men-PAN RB Tjahjo Kumolo serahkan kenang-kenangan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto IST)

KopiPagi | SALATIGA : Mal Pelayanan Publik (MPP) ‘Smart’ Kota Salatiga yang berlokasi di Kantor Dukcapil Jalan Pemuda No 2 Kota Salatiga diresmikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo pada Jum’at (19/03/2021).

Dalam peresmian tersebut Men-PAN RB didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Walikota Salatiga Yuliyanto, Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada, serta Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat.

Walikota Salatiga Yuliyanto menyatakan, bahwa Mal Pelayanan Publik (MPP) itu sebagai sarana dengan bentuk pelayanan modern untuk masyarakat Kota Salatiga. Nama yang digunakan adalah ‘MPP Smart’ dan ini mengusung visi Kota Salatiga yaitu Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat. Selain itu, kata tersebut punya arti budaya kerja dalam bahasa Jawa yaitu Sembada (pantang menyerah), Andarbeni (rasa memiliki), Resik (bersih), dan Tresno (cinta).

“Di Provinsi jawa Tengah ini merupakan MPP yang ke 7 dan secara nasional atau di Indonesia adalah yang ke 37. Dengan hadirnya MPP Smart di Salatiga ini adalah wujud integrasi pelayanan yang berorientasi pada kecepatan serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemudahan berusaha,” kata Yuliyanto.

Men-PAN RB Tjahjo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Walikota Salatiga Yuliyanto saat resmikan ‘MPP Smart’ Kota Salatiga. (Foto IST)

Menurutnya, MPP Smart ini juga ramah bagi kaum difabel. Diantaranya dengan disediakannya kursi roda, jalur landai, ruang tunggu, toilet, maupun loket khusus disabilitas. Bahkan, sarana dan prasarana yang lain adalah tersedianya ruang laktasi, tempat bermain anak, musala, dan pojok baca. Kota Salatiga ini salah satu dari 48 kabupaten/kota yang berkomitmen membangun MPP di tahun 2020.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan, bahwa pihaknya meminta kepada seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah untuk segera membuat Mal Pelayanan Publik (MPP). Pasalnya, langkah ini merupakan wujud nyata melayani masyarakat dengan murah, mudah dan cepat dalam semua hal, termasuk perizinan. Selain itu, MPP ini sebagai wujud nyata dalam reformasi birokrasi dan melalui ini maka tujuan negara melayani masyarakat bisa terwujud.

“Untuk itu, kami mendukung dan mendorong kabupaten/kota di Jateng ini segera mkembuat MPP. Selain itu, juga mendorong semua daerah untuk meningkatkan aplikasi pelayanan publik pada masyarakat dan masa pandemi Covid-19 ini sebagai momentum dalam mewujudkan semua itu. Di Jateng ini, selain MPP Kota Salatiga, juga sudah berdiri di Banyumas, Batang, Kebumen, Jepara, Surakarta, serta Pati,” kata Ganjar Pranowo dalam sambutannya.

Sementara itu, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi kepada Kota Salatiga yang telah membuat MPP Smart ini. Langkahnya ini, dinilai sebagai kunci sukses dalam menggerakkan roda pemerintahan dan mewujudkan pemerintahan yang baik. Salah satunya dengan meningkatkan pelayanan publik. Perlu diketahui, bahwa inti dari reformasi birokrasi adalah menyederhanakan struktur organisasi yang meliputi hal-hal pelayanan publik.

“Saya apresiasi peresmian ‘MPP Smart’ di Kota Salatiga ini bahkan daerah lain di Jawa Tengah. Ini sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Pihaknya juga mendorong agar inovasi-inovasi pelayanan publik terus digenjot. Para ASN berkewajiban melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Sebagai contoh nyata adalah Pak ganjar Pranowo yang telah memberi contoh. Bagaimana mempermudah pelayanan masyarakat dalam menggunakan media sosial (medsos). Beliau dapat melayani dengan cepat segala persoalan masyarakat hanya menggunakan handphone (HP) dan kepala daerah lain harus bisa mengikutinya,” tandasnya. ***

 Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here