Beranda BIVEST Tim Geopark Talamau : Lesehan Sambil Diskusi Giri Maju Menuju Desa Wisata

Tim Geopark Talamau : Lesehan Sambil Diskusi Giri Maju Menuju Desa Wisata

443
0

KopiPagi | PASBAR : Tim Geopark Talamau Pasbar yang dipimpin oleh Ketua Harian Geopark Talamau, Roby ZR. Rabu, (17/03/2021) berkunjung ke Giri Maju selain memberikan sosialisasi dan pengembangan tentang geopark Talamau juga berdiskusi dengan masyarakat Nagari Persiapan Giri Maju Koto Baru Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat.

Agenda kunjungan yang berlangsung penuh dengan kekeluargaan ini disambut hangat dan antusias oleh masyarakat Giri Maju. Pada kesempatan itu Roby memaparkan berbagai manfaatnya dan tujuan serta latar belakang apa dan mengapa Geopark Talamau.

Dikatakannya, Geopark Talamau Kabupaten Pasbar adalah salah satu daerah yang telah dipersiapkan dan ditetapkan dengan disertifikasi oleh Kementerian Parawisata sebagai Geopark Nasional.

Dijelaskannya, georpark atau taman bumi telah menjadi konsep wisata baru yang saat ini tengah dikembangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata, termasuk juga Pemprov Sumbar dan Kabupaten Pasbar.  Menurutnya, Konsep geopark mengacu pada pengembangan kawasan yang memberikan pengaruh terhadap konservasi, edukasi, dan muaranya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Geopark bukan hanya semata menjaga kelestarian alam, dan sebagai objek konservasi wisata saja namun juga sasarannya adalah bagaimana meningkatkan taraf hidup masyarakat,” terangnya.

Roby menambahkan Konsep pengembangan kawasan wisata alam dengan prinsip konservasi, edukasi, dan pemberdayaan masyarakat melalui pariwisata kini tengah menjadi perhatian masyarakat dunia.

Semua negara berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas geopark dalam upaya memenangkan persaingan bisnis pariwisata global. Jika produk pariwisata suatu negara tidak menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan, maka akan ditinggalkan wisatawan.

Berdasarkan hal itu maka saat ini Sumbar dan khususnya Kabupaten Pasbar sedang berusaha mengembangkan potensi wisata geopark (taman bumi) dengan melirik ciri khas yang ada di daerah tersebut.

Suasana lesehan sambil diskusi menuju Giri Maju sebagai desa wisata .

Geopark Talamau saat ini sedang gencar-gencarnya mempersiapkan diri agar bisa menjadi bagian dari Geopark Unesco Global Geopark (UGG). Untuk itu kita sangat mengharapkan dukungan semua pihak dan ini mutlak diperlukan, sebab untuk mencapai hal tersebut banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

Upaya ke arah itu saat ini sedang kita lakukan dengan melibatkan emua pihak agar ke depan bagaimana masyarakat merasa ikut memiliki dan menjadi bagian dari pertumbuhan atau peningkatan sebagai pelaku destinasi majunya wisata di daerahnya.

Roby mengatakan secara keindahan destinasi wisata di Pasbar khususnya di Giri Maju ini tidak diragukan lagi.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Tim Geopark Talamau di Giri Maju dihadiri oleh perwakilan masyarakat dan Gapoktan yang ada di Giri Maju. Acara tersebut selain membahas manfaat dan tujuan Geopark Talamau, juga berkembang pada pembahasan kelembagaan desa wisata.

Diterangkan Robi, dengan adanya kelembagaan Nagari wisata di suatu daerah khususnya di Giri Maju agar tidak terjadi timpang tindih dalam pengelolaannya, maka untuk mengatur segala pengelolaan desa wisata tersebut, diperlukan adanya lembaga seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

Menurut Roby, pembangunan desa wisata ini perlu dilakukan secara bersama dan profesional dengan konsep yang matang, sebab bila Giri Maju yang kaya SDA dan SDM nya ini apa lagi memiliki potensi yang luar biasa, harus ada pembentukan kelembagaan yang baik serta managemen yang detail,melalui pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Gayung bersambut, diskusi yang berlangsung sejak sote sekitar pukul 16.00 Wib. hingga sampai pada pukul 22.15 malam itu tidak sia-sia, masyarakat yang hadir sebanyak 20 an orang tersebut memahami manfaat adanya desa wisata, maka masyarakat Giri Maju mengusulkan dan sepakat untuk segera malam itu juga membentuk Pokdarwis agar segera dapat memprogamkan dan mewujudkan desa wisata yang ideal, bukan hanya sekedar bewacana dan kapan.

Akhirnya setelah bermusyawarah dengan alot, bukan saja terpilih pengurus inti Pokdarwis, Ketua Sekretaris dan Bendahara tapi sekalian ditetapkan nama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan nama “Pokdarwis Talangperindu”.

Roby sebelum menutup kegiatan diskusi Geopark Talamau tersebut juga menyarankan kepada pengurus teepilih Pokdarwis Talangperindu untuk segera kembali secara bersama dengan melibatkan semua pihak untuk mengadakan agenda pertemuan berikutnya dengan menjalin kolaborasi ataupun sharing melengkapi kepengurusan lainnya hingga dalam memprogramkan untuk menjadikan Giri Maju menjadi Desa Wisata bukan hanya mimpi. ***

Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here