Beranda LIFE UPH Kampus Surabaya & Lion Air Group Salurkan Bantuan Sosial ke Mamuju

UPH Kampus Surabaya & Lion Air Group Salurkan Bantuan Sosial ke Mamuju

209
0

“Kolaborasi Sektor Pendidikan dan Penerbangan dalam Menjalankan Pengabdian Masyarrakat dan Kepedulian Terhadap Lingkungan Sekitar”

KopiPagi | MAMUJU : Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Surabaya bersama Lion Air Group, Kamis (11/03/2021) dan Jumat (12/03/2021) menjalankan rangkaian kalender kegiatan sosial di Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Kegiatan ini akan memberikan manfaat antara lain mempereratkan rasa persaudaraan antarsesama, terciptanya kerukunan sosial, terjalinnya hubungan baik antarpihak satu dengan lainnya, saling bertukar pikiran dan saling memahami serta mewujudkan gotong royong sebagai budaya yang telah tumbuh dan berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

Agenda ini dikenal sebagai bagian penggalangan dana terbuka kedua (open donation series #2) yang merupakan kelanjutan dari 11 Februari lalu (open donation series #1) untuk penyaluran serentak di 8 kota atau daerah yakni Surabaya, Kediri, Blitar, Pasuran, Bali, Lombok, Banjarmasin dan Manado.

Sinergi dari sektor pendidikan dan penerbangan ini menekankan tentang penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat dan sosial (management outreach program 2021/ MOP) melalui kegiatan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan serta dalam upaya membantu meringankan kepada masyarakat setelah tertimpa bencana alam gempa bumi di Mamuju.

Tahapan penggalangan/ penghimpunan dana terbuka, tercatat mencapai Rp 7.407.127 terdiri dari:

  1. Periode #1 (27 Februari – 03 Maret 2021) UPH Kampus Surabaya Rp. 6.000.000.
  2. Periode #2 (04 Maret – 10 Maret 2021) Rp. 1.407.127.

Dana yang terkumpul dibelikan berupa berbagai barang jenis sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Proses pengiriman barang dari titik kumpul UPH Kampus Surabaya, dikirim melalui Lion Air penerbangan JT-800 dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanudin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan (UPG), kemudian dilanjutkan penerbangan Wings Air IW-1300 dari Makassar tujuan akhir Bandar Udara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat (MJU).

Penyaluran bantuan (pendistribusian paket sembako) titik utama di Desa Botteng Utara bekerjasama dengan Yayasan Marandang serta pemerintah desa setempat. Penyerahan dilakukan dan saksikan oleh Muhammad Ansyari Irianto, Ketua Yayasan Marandang Sulawesi Barat; Syahril, Kepala Desa Botteng Utara; Station Manager Wings Air – Lion Air Group Mamuju, Arif Syam; Koordinator Pelaksanaan Donasi Mamuju, Richardo Evan Wongharyono; Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Pelaksanaan agenda sosial ini bertepatan momentum yang dipilih periode Maret yaitu :

  1. Peringatan Hari Isra Mi’raj

Pesan moral dari religi, bahwa setiap peristiwa akan selalu ada hikmah. Untuk itu, setiap orang dalam berkehidupan sosial untuk senantiasa tolong menolong satu dengan yang lain.

Keberagaman antarmasyarakat menjadi momentum persatuan bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan.

Menanamkan bahwa saling membutuhkan serta ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya adalah hal wajar, sehingga sifat penolong perlu ada dalam diri.

  1. Hari Perempuan Internasional 2021

Nilai positif ialah setara dalam kehidupan sosial, tidak ada perbedaan, untuk saling mendukung dengan berbagai cara termasuk cara memberikan semangat dalam melewati masa sulit.

Dengan demikian memberikan inspirasi dan motivasi yang dimulai dari lingkungan kampus (UPH Surabaya) dan perusahaan (Lion Air Group) untuk bekerja sama menciptakan kesetaraan terhadap kepedulian kepada sesama serta sekitar. Selain itu, bagian pembelajaran dalam mengembangkan diri di kehidupan bermasyarakat.

Executive Director UPH Kampus Surabaya, Dr. Ronald Suryaputra, ST., MM., CSMA, CDM, PMAmengatakan, “Atas nama civitas akademika Universitas Pelita Harapan Kampus Surabaya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari berbagai pihak dalam mendukung kegiatan sosial ini serta apresiasi dari kerjasama yang terjalin dengan pihak Lion Air Group sehingga program di 2021 Management Outreach Program (MOP) atau pengabdian kepada masyarakat di 8 kota pada Februrari lalu dan Mamuju di Maret ini berjalan lancar. Harapan utama, akan membantu saudara-saudara (sesama) yang tengah membutuhkan.”

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, “Lion Air Group mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan bantuan dan mendukung pelaksanaan kegiatan sosial di Desa Botteng Utara, Mamuju. Semoga kerjasama seperti ini akan terus berlanjut dalam berbagai aktivitas.”

Lebih lanjut menurut Ronald, “Pemberian bantuan kepada saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan di Mamuju adalah bagian bentuk kegiatan MOP 2021. Harapan utama ialah semakin memberikan nilai lebih kepada seluruh anggota UPH Kampus Surabaya seiring peningkatan kegiatan pembelajaran berbasis praktikum, yakni sinergi kampus dengan Lion Air Group, yayasan sosial serta masyarakat yang tertuju. Selain itu, lebih membentuk inisiasi-inisiasi positif guna meningkatkan keterampilan, pengalaman, koordinasi serta komunikasi di tengah situasi saat ini. Harapan mendatang, bisa terlaksana dengan agenda-agenda lainnya serupa.”

“Peran Lion Air Group dengan UPH Kampus Surabaya akan menjadi salah satu contoh kegiatan (pilot project) yang menyediakan ruang bagi kalangan akademisi untuk terlibat secara mendalam di kegiatan sosial seperti tanggap untuk membantu dampak bencana, kunjungan ke yayasan dan membantu kepada sesama yang lebih membutuhkan. Sangat penting bagi pelaku di industri penerbangan dan pendidikan semakin mengenal dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda,” pungkas Danang. *Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here