Beranda PERISTIWA Gunung Merapi Kembali Muntahkan ‘Wedhus Gembel’ Meluncur Sejauh 1,2 Km

Gunung Merapi Kembali Muntahkan ‘Wedhus Gembel’ Meluncur Sejauh 1,2 Km

60
0
Gunung Merapi saat mengeluarkan lava pijar untuk kesekian kalinya. (Foto IST)

KopiPagi | SLEMAN : Gunung Merapi sampai sekarang ini masih terus mengeluarkan lava pijar dan ini belum nampak ada tanda-tanda  akan berakhir, pada hari ini Jumat (12/03/2021) Gunung Merapi kembali menyemburkan “Wedus Gembel” dan meluncur hingga sejauh 1,2 Km ke arah barat daya.

 

Kepala Balai Penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menyatakan, bahwa wedhus gembel itu diketahui mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 wib. Guguran lava pijar yang terjadi hingga 17 kali dan jarak luncurnya sangat bervariasi. Paling jauh luncurannya mencapai 1,2 km. Dengan mengarah ke barat daya.

 

“Luncuran lava pijar kali ini sejauh 1,2 Km dan tetap mengarah ke arah barat daya. Untuk guguran lava pijarnya terjadi hingga 17 kali. Sampai sekarang ini cuacanya masih berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah timur dan suhu udara antara 13 derajat hingga 23 derajat,” ujar Hanik Humaida kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (12/03/2021).

 

Ditambahkan, bahwa untuk kelembaban udaranya antara 67 persen hingga 76 persen, serta tekanan udaranya adalah 836-940 mmHg. Dan, untuk kegempaannya tercatat sebanyak 32 kali gempa guguran maupun terjadi empat kali gempa hembusan serta satu kali gempa fase banyak. Bahkan, sampai sekarang ini, masih terjadi dorongan magma ke puncak.

 

“Ini dibuktikan volume kubah lahan yang terjadi penambahan di atas 10.000 meter kubik dalam setiap harinya. Untuk itu, kami tidak bisa memprediksi kapan erupsi Gunung marapi akan berakhir. Sampai sekarang ini, statusnya masih siaga atau level III,” tandasnya. ***

 

Pewarta : Heru Santoso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here