Beranda REGIONAL Bumi Tuah Basamo Skala Prioritas Prov Sumbar dalam Mitigasi Bencana

Bumi Tuah Basamo Skala Prioritas Prov Sumbar dalam Mitigasi Bencana

336
0
Wagyb Sumbar Audy Joinaldy, bersama tim Provinsi Sumbar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pasbar, Kamis (11/02/2021). Foto : Ist.

KopiPagi | PASBAR : Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, bersama tim Provinsi Sumbar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pasbar, Kamis (11/03/2021) dengan menggunakan Helikopter langsung dari Padang.

Kunjungan kerja ini adalah kunjungan perdana Wagub setelah dilantik beberapa minggu yang lalu, terlihat di dalam rombongan Wagub tersebut antara lain, Kepala Bappeda, PUPR, Balitbangda, PSDA, BPBD dan Biro Humas Provinsi Sumbar.

Kehadiran Wagub disambut langsung oleh Bupati Pasbar, H.Hamsuardi yang didampingi oleh Wabup, H..Rianawanto serta beberapa OPD Kabupaten Pasbar.

Menurut Wagub, Audy Joinaldy kunjungannya ke Pasbar adalah khusus dalam rangka mitigasi bencana yakni melihat secara langsung kondisi-kondisi di lapangan, hingga bisa dilaporkan ke pemerintah pusat.

Rombongan foto bersama sesaat setelah mendarat di bumi Tuah Basamo

Dikatakannya, Pemerintah Provinsi Sumbar menaruh perhatian besar terhadap Kabupaten Pasbar, sebab Pasbar merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, longsor dan lain-lain, makanya akan menjadi prioritas dalam mitigasi bencana. Memang butuh anggaran besar untuk penanganan hal tersebut, Namun bagaimanapun masyarakat yang terdampak bencana harus segera ditangani.

Menurutnya mitigasi bencana adalah segala upaya untuk mengurangi risiko bencana dengan langsung melihat kondisi di lapangan. Hal ini agar program mitigasi bencana tepat sasaran. Sebab, selain dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik juga melalui peningkatan pelatihan kemampuan masyarakat dalam antisipasi menghadapi resiko ancaman bencana, baik sebelum, saat maupun pasca bencana, untuk itu memang disadarinya biayanya tentu tidak sedikit, butuh ratusan miliar.

Audy menerangkan, anggaran untuk pembangunan mitigasi bencana, kalau hanya mengandalkan APBD jelas tidak akan mampu. Makanya, Ia bersama dengan pemerintah provinsi akan berusaha menyampaikan kepada pemerintah pusat.

“Sebentar lagi saya bersama gubernur akan melakukan rapat bersama Kementerian Maritim tentang ini. Jadi, saya ingin melihat langsung ke lokasi, seperti apa Sungai Batang Bayang, Sungai Batahan, agar kita bisa merancang penanganan antisipasi bencana ke depan,” kata Audy Joinaldy.

Ditambahkannya, dalam rangka tersebut ia dan rombongan melakukan peninjauan langsung ke jalan Teluk Tapang, irigasi Batang Batahan dan lokasi banjir Batang Sikabau serta Batang Bayang, dan ini sebagai prioritas  usulan program di tahun 2022.

Setelah meninjau batang bayang, rombongan melakukan foto bersama.

“Saat ini kita akui anggaran banyak mengalami rekofusing penanganan Covid-19. Namun, terkait bencana kita juga harus urus, apalagi di beberapa wilayah khusus Pasbar terdampak bencana seperti banjir. Ada juga banjir yang melanda pemukiman dan pertanian yang menelan kerugian setiap saat,” terang Audy Joinaldy.

Sementara itu, Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Risnawanto kepada koranpagionline.com,

menyampaikan, pemerintah berharap dengan adanya peninjauan ini tentu akan menjadi langkah awal pembangunan di bidang mitigasi bencana di Pasbar.

“Harapan kita, Pemerintah Provinsi melalui Bapak Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Bapak Wagub, Audy Joinaldy menyampaikan kepada pemerintah pusat kondisi Pasbar saat ini. melalui program mitigasi bencana saat ini, semoga akan dapat menyelesaikan persoalan-persoalan dalam mengurangi resiko bencana di Pasbar ke depan,” harap Hamsuardi. ***

Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here