Beranda HUKRIM Pakar Berharap Ada Kejelasan Tersangka Kasus Penembakan Laskar FPI

Pakar Berharap Ada Kejelasan Tersangka Kasus Penembakan Laskar FPI

55
0
Suparji Ahmad

KopiPagi | JAKARTA : Polri telah meningkatkan kasus penembakan 4 laskar FPI oleh kepolisian dari penyelidikan dan penyidikan. Diketahui, saat ini ada 3 anggota Polri yang dibebas tugaskan karena diduga menjadi pelaku penembakan.

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Pidana, Suparji Ahmad mengapresiasi penyidikan oleh Bareskrim Polri. Menurutnya, ini progres yang bagus untuk mengungkap kejadian nahas tersebut.

“Peningkatan ke penyidikan ini tentu perlu diapresiasi. Dan diharapkan, Polri tetap objektif dalam menangani perkara ini,” kata Suparji dalam keterangan persnya, Rabu (10/03/2021).

Ia juga berharap agar Bareskrim Polri menangani kasus ini dengan transparan. Menurutnya, salah satu bentuk transparansi adalah mengumumkan kepada publik siapa tersangkanya.

“Peningkatan ke penyidikan ini harus diikuti dengan segera memberi kejelasan tersangkanya. Kejelasan tersangka diperlukan untuk mendatangkan kepastian hukum di tengah masyarakat,” paparnya.

“Ketika tersangka sudah terungkap, maka akan terungkap pula penyebab terjadinya kasus tersebut. Artinya, perkara ini akan terang benderang,” sambung Suparji.

Di sisi lain, ia menekankan bahwa kasus ini menjadi batu uji Polri terkait indepedensi. Jangan sampai, publik menganggap Polri tidak objektif jika menangani perkara yang terkait internalnya.

“Polri harus menghadirkan kepercayaan di tengah masyarakat. Kita tidak ingin masyarakat distrust terhadap penegakan hukum kita,” pungkasnya. Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here