Beranda MARKAS Cegah Penyegaran Covid-19 : Pejabat Utama Res Pasbar Ikuti Swab Test

Cegah Penyegaran Covid-19 : Pejabat Utama Res Pasbar Ikuti Swab Test

194
0
Terlihat Kabag Ops, sedang di Swab test. 3. Situasi di Lokasi Swab test

KopiPagi | PASBAR : Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, Kamis (04/03/2021)  sekitar pukul 09.00 wib, bertempat di Polres Pasbar telah dilaksanakan test swab kepada seluruh personil Polres Pasaman Barat yang terdiri dari pejabat utama Polres, Kabag, Kasad, dan Kasi. serta para Perwira dan Bintara Polres Pasbar.

Kapolres Pasbar AKBP Sugeng Hariyadi,S.Ik melalui Kasubag Humas Polres Pasbar AKP Deprizal. SH. MH menyampaikan, kegiatan  tersebut berlangsung di Mako Polres Pasbar dengan diikuti oleh seluruh personil Polres Pasbar.

Pemeriksaan Swab tes ini bekerja sama dengan dinas Kesehatan Kab. Pasbar dan dilaksanakan oleh petugas medis dari Puskesmas Simpang Empat.

Persiapan pendataan untuk swab test

Kapolres Pasbar mengatakan bahwa swab tes ini tidak perlu ditakuti, karena belum tentu positif Crona, sementara dikatakannya, ia sudah terlebih dahulu mengikuti swab tes dan juga sudah di vaksin beberapa waktu yang lalu.

“Ini hanya mendeteksi awal antibodi dalam tubuh kita terpapar atau tidaknya dengan virus Corona-19 dan hasil dari swab test ini biasa kita sebut reaktif dan non reaktif,” terangnya.

Dalam tes ini yang diperiksa adalah antibodi. Seperti ada yang demam dan belum tentu orang yang demam itu adalah DBD atau malaria.

Dalam swab test Corona tersebut, petugas medis mengambil sampel apus dari saluran pernapasan seperti hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus Corona.

Kapolres juga menyampaikan kegiatan Swab Test yang dilaksanakan hari ini adalah untuk mengecek dan memastikan kesehatan personil agar langkah antisipasi penyebaran Covid-19 bisa di cegah sejak dini. Untuk personil yang mengikuti Swab diprioritas kepada personil yang bertugas di lapangan.

Dalam pelaksanaannya para personil Polres Pasbar dan petugas kesehatan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. ***

Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here