Beranda REGIONAL Bupati Pasbar : 100 Hari Kerja Pertama Fokus Pengentasan Kemiskinan

Bupati Pasbar : 100 Hari Kerja Pertama Fokus Pengentasan Kemiskinan

958
0

KopiPagi | PASBAR : Sejumlah program program prioritas mulai disampaikan oleh masing-masing Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2021-2024 yang telah dilantik pada Jumat, (26/02/2021) lalu.

Demikian juga halnya dengan Pasangan H.Hamsuardi – H.Risnawanto  (HAMRIS) terkait Program 100 Hari Kerja setelah resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasbar oleh Gubernur Sumbar di Gebernuran Jumat (26/02/2021) lalu.

Menurut Hamsuardi yang didampingi oleh Risnawanto, Pemkab Pasbar ke depan akan Fokus pada pengentasan kemiskinan seperti kesehatan gratis dan pendidikan gratis serta beberapa program unggulan lainnya.

Demikian antara lain disampaikan oleh Bupati terpilih, H.Hamsuardi saat berlangsungnya acara penyerahan memory penyelenggaraan pemerintah dari Sekda selaku Plh.KDH kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih (HAMRIS) yang berlangsung di ruangan kerja Bupati Senin pagi, 1 Maret 2021.

Penyerahan memory penyelenggaraan pemerintah dilakukan secara langsung oleh Sekda selaku Plh KDH Pasbar selama ini,

berlangsung di ruangan kerja Bupati berjalan dengan khidmat yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD, Parizal Hafni, Unsur Forkopimda Pasbar, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan BNNK Pasbar dan undangan lainnya.

“Siapapun pemimpin itu adalah pemimpin kita semua, terutama masyarakat Kabupaten Pasaman Barat, makanya mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk Pasbar yang lebih baik kedepan,” ucap Bupati Pasbar, Hamsuardi yang didampingi oleh H. Risnawanto selaku Wakil Bupati terpilih.

Usai acara penyerahan Hamsuardi menyampaikan, Ia sebagai Bupati terpilih bersama Risnawanto sebagai Wakil Bupati terpilih memohon dukungan dan doa restu seluruh masyarakat dalam menuntaskan program 100 hari kerja pertama, yakni antara lain selain melanjutkan program pemerintahan yang lalu, juga akan menuntaskan program Pendidikan gratis dan Kesehatan gratis sebagai prioritas dalam mengentaskan kemiskinan.

Dikatatakannya Pemkab akan membentuk tim dalam mendata ulang data-data orang miskin dan sekaligus akan melibatkan semua unsur terkai, termasuk Forkopimda agar ikut masuk dalam tim tersebut nantinya, demikian juga dengan petugas yang selama ini berada di lapangan, akan kita kaji ulang sesuai dengan tugas dan fungsinya, hingga data orang miskin di bumi Tuah Basamo ini benar-benar Valid.

“Selama ini banyak yang menyampaikan kepada saya bahwa mereka tak pernah tersentuh oleh petugas dengan adanya bantuan selama ini, padahal mereka katanya sudah didata, tapi data tersebut tak jelas., sebab petugas pendata pun kalau di tanya, katanya itu data lama, makanya kita akan prioritaskan ini,” tegas Bupati.

Demikian juga tentang pendidikan, kita tidak ingin dengar lagi adanya laporan dari masyarakat tentang berbagai kutipan dan pungutan yang dilakukan oleh sekolah bersama komite di SD dan SMP dengan dalih apapun, sebab itu sangat memberatkan masyarakat, apa lagi di masa.pandemi saat ini.

“Bbahkan ada laporan yang menyampaikan kalau tak membayar, tidak boleh ujian, tidak dapat raport dan berbagai ancaman lainnya, ke depan saya tak ingin dengar lagi keluhan tersebut,” terangnya.

Sesuai dengan visi misinya, HAMRIS juga akan fokus untuk memperbaiki tatanan peningkatan ekonomi, khusus terkait permasalahan perkebunan yang selama ini selalu timbul komplit dengan masyarakat, terutama tentang sengketa lahan juga akan kita selesaikan secara bertahap.

“Seratus hari kerja, kami juga canangkan akan memperbaiki jalan – jalan Kabupaten dan jalan Kecamatan, Insyahallah akan kami selesaikan dengan skala prioritas, seperti akses jalan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dalam mengeluarkan hasil kebun maupun pertaniannya, hingga program peningkatan kemiskinan sesuai Visi dan Misi kita semua dapat tercapai,” tambah Hamsuardi.

Menurut Hamsuardi, situasi politik saat ini sudah selesai, untuk itu dirinya minta masyarakat agar jalin kembali silaturahmi tanpa melihat siapapun yang terpilih, mari kita bangun Pasbar lebih baik bersama-sama ke depan.

Untuk vaksinasi kata Bupati, Pemkab akan tetap mendukung program pemerintah pusat sebagai bentuk untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Saat ini masih situasi pandemi Covid-19, makanya kita akan berupaya supaya bisa menekan dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Program vaksinasi itu tetap akan kita dukung,” jelasnya.

Bupati Pasbar, H.Hamsuardi juga Wakil Bupati, H.Risnawanto mengatakan, setelah dilantik oleh Gubernur, dan penyerahan memory penyelenggaraan pemerintah pagi ini, mereka mohon doa dan dukungan agar amanah yang telah diberikan oleh masyarakat ini dapat  mereka laksanakan dengan skala program kerja prioritas seperti tersebut di atas.

Bupati Pasbar,H.Hamsuardi dan Wakil Bupati, H.Risnawanto usai penyerahan tersebut kepada Media ini (KopiPagi Pasbar) mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat  karena telah memoercayakan dirinya bersama  H.Risnawanto dalam mengemban amanah untuk melaksanakan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati kedepan.

“Saya dan pak Risnawanto mengucapkan Terimakasih dan semoga Amanah yang diberikan ini bisa kita jalankan dengan sukungan masyarakat sepenuhnya, INSYA ALLAH program ini akan bisa kita jalankan bila kita bersama-sama sebagaimana yang kita harapkan,” tutupnya. ***

Pewarta : Zoelnasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here