Beranda REGIONAL BPBD & Dinsos Kab. Pasbar Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran 

BPBD & Dinsos Kab. Pasbar Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran 

259
0

KopiPagi | PASBAR : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasbar yang diwakili oleh Kabid kedaruratan dan logistik, Decky Harmiko Sahputra, bersama Dinas Sosial dalam hal ini diwakili oleh salah seorang KASI, Syaifull, Selasa, (23/02/2021) menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran yang melanda 4 unit rumah warga di kejorongan Batang Biyu Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Sumbar

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H. Sahputra sedang menyerahkan bantuan Pemkab Pasbar kepada Keluarga korban

Bantuan diserahkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar bersama dengan Kepala Seksi Dinas Sosial berupa bantuan sandang dan pangan seperti pakaian, beras, makanan, peralatan dapur dan tikar maupun peralatan tidur serta sejumlah Kebutuhan pokok lainnya termasuk alat perlengkapan sekolah. Penyerahan ini langsung diberikan kepada keluarga korban yang disaksikan oleh Camat Pasaman, Wali Nagari Lingkuang Aua dan Jorong Batang Biyu.

“Kita atas nama Pemerintah Daerah sudah menyerahkan bantuan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Pasbar terhadap korban yang sedang mengalami musibah.” ujar Decky.

Decky yang didampingi oleh Syaiful  mengatakan empat rumah yang berkonstruksi kayu milik warga yang terbakar kemarin secara pasti belum dapat diketahui penyebabnya, namun dugaan sementara bisa jadi akibat percikan api yang disulut cuaca panas dan angin kencang pada musim kemarau seperti saat ini.

Dikatakannya memang tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun jumlah kerugian ditaksir ratusan juta rupiah sebab empat unit rumah yang dihuni tersebut hangus dan habis tinggal puing di lalap api.

“Rumah korban hangus terbakar, termasuk semua barang, tidak bisa diselamatkan. jumlah kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah,” ujar Decky.

Decky menyatakan turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi di Batang Biyu tersebut, pasalnya kejadian itu menimbulkan kerugian dan kesedihan bagi keluarga korban.  Pihaknya berharap bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pasbar ini, walaupun nilainya tidak seberapa namun ia berharap dapat meringankan beban keluarga korban, Decky juga mendoakan korban kebakaran agar diberi ketabahan dalam menghadapi ujian, ia juga menyampaikan duka mendalam atas musibah yang dialami warga Batang Biyu ini, serta tak lupa memberikan semangat lebih dan berharap dari kejadian ini kedepan menjadi perhatian penuh bagi para warga.

Petugas BPBD Mendirikan tenda hunian di lokasi kebakaran

Selanjutnya Decky juga meminta kepada masyarakat agar musibah ini dapat  menjadi pelajaran. Harapannya warga agar lebih cermat, waspada, dan berhati-hati menjaga lingkungan, dan jangan membuang percik api sembarangan terutama disaat musim kemarau saat ini.

“Memang berdasarkan Data BPBD , 90% kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik. Untuk itu ia juga memingimbau kepada masyarakat agar selalu memeriksa instalasi listrik di rumah maupun gedung perkantoran,” pesannya.

Pada kesempatan itu juga BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Pasbar memberikan bantuan beberapa tenda dan sekaligus mendirikan tenda tersebut di lokasi kebakaran, sebagai hunian sementara para keluarga korban. ***

Pewarta : Zoelnasti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here