Beranda MEGAPOLITAN Waduh…!!! : Insentif Nakes di Kota Depok Sudah Mandek Enam Bulan

Waduh…!!! : Insentif Nakes di Kota Depok Sudah Mandek Enam Bulan

83
0
Ilustrasi : Nakes di Kota Depok sudah 6 bulan tak terima insentif..

KopiPagi DEPOK : Nasib Tenaga Kesehatan (Nakes) hingga saat ini belum juga menerima dana insentif sejak September 2020 atau sudah 6 bulan. Seorang Nakes, Ivona Rosari mengatakan, belum mendapatkan insentif dari penanganan pasien Covid-19 sejak September 2020. “Sebelumnya sudah dapat, terakhir pada Agustus 2020,” kata Ivona, Senin (22/02/2021).

Dia menambahkan, sudah mengajukan syarat untuk mendapatkan insentif. “Baru dikirim seminggu yang lalu. Syaratnya ada banyak. Begitu juga laporan per bulannya. Bicara cukup atau tidak cukup dengan jumlah Rp5 juta yang di dapat dari insentif yang diberikan, dia merasa bersyukur dengan apa yang didapat. Kami minta doanya agar para Nakes diberikan kesehatan selalu,” tutur Ivona.

Seorang nakes lainnya, Elly Kurnia berharap, dana insentif yang turun bisa setiap bulan. “Dana insentif biasa kami para nakes saling berbagi dengan yang tidak dapat karena tidak masuk di persyaratan. Seperti supir ambulan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, memang benar para nakes Covid-19 belum mendapatkan insentif sejak September 2020. “Bukan hanya Kota Depok saja, di wilayah lain juga sama,” terangnya di Balai Kota Depok, Selasa (23/02/2021).

Menurut Novarita, nakes yang mendapat insentif Covid-19 adalah para dokter dan perawat saja. Sopir ambulan dan lainnya yang terlibat dalam penanganan Covid-19 tidak mendapat insentif.

“Alur nakes untuk mendapatkan insentif adalah membuat laporan yang menyatakan benar atau tidaknya nakes tersebut merawat pasien Covid-19 dan diajukan ke Dinkes Kota Depok, setelah itu akan diajukan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dari Kemenkes nanti uangnya ke kas daerah dulu dan baru di transfer ke rekening nakesnya masing-masing,” jelasnya.

Dia menambahkan, apabila uang dari pusat sudah masuk ke kas daerah, akan segera di salurkan kepada para nakes sesuai dengan hak mereka masing-masing. “Jadi, kami menunggu dari pusat. Kalau sudah ada kami akan langsung berikan,” tegas Novarita. Depoktren/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here