Beranda REGIONAL Kerumunan Massa di Desa Tanjungsari Karawang Rentan Terpapar Covid-19

Kerumunan Massa di Desa Tanjungsari Karawang Rentan Terpapar Covid-19

65
0

KopiPagi | KARAWANG : Warga tiga desa yang melakukan peralihan ATM dari Bank BNI ke Bank BTN di Desa Tanjungsari Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang Jawa Barat, Jum’at (19/02/2021), menimbulkan kerumunan massa. Hal ini tentu saja rentan terhadap penularan dan penyebaran pandemi Covid-19.

Kerumunan massa di Desa Tanjungsari Kec. Cilebar Karawang

Kerumunan masa di Desa Tanjungsari tersebut ditengarai berpotensi telah melanggar protokol kesehatan (Prokes) Permenkes RI No.hk.01.07/menkes/382/2020.Inmendagri No 6 tahun 2020t tentang penegakan protokol kesehatan untuk pengendalian Covid-19,dan seterusnya.

Menurut keterangan Sekcam Cilebar, Surisno, berkumpulnya masyarakat desa se-Kecamatan Cilebar, yang menimbulkan kerumunan massa karena sedang melakukan peralihan ATM (Anjungan tunai mandiri) dari Bank BNI ke BTN bagi masyarakat Penerimaan Bantuan sosial

Masyarakat yang berkerumun itu adalah para penerima manfaat di tiap desa se-Kecamatan Cilebar. Karena peralihan ATM tidak dapat diwakilkan, di lain hal pihak bank tidak punya cukup banyak waktu, jadwalnya dari satu desa kedesa lainya bergantian setiap beberapa jam hingga selesai.

Sebelum dilaksanakan peralihan ATM yang ditempatkan di kantor Desa Tanjungsari, kata Surisno, dilakukan rapat terlebih dahulu dengan unsur terkait pihak kecamatan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), pekerja sosial masyarakat (PSM) hingga adanya surat resmi dari kecamatan.

“Warga yang berkepentingan datang ke Desa Tanjungsari diberikan masker dan dianjurkan mematuhi protokol kesehatan (Prokes), termasuk jaga jarak,” ujar Surisno (19/02-2021).

Masyarakat warga desa se-Kecamatan Cilebar yang datang ke Desa Tanjungsari pada saat itu, Desa Kertamukti, Tanjungsari, Kosambi Batu, Pusakajaya Utara dan Pusakajaya Selatan.

Warga yang punya kepentingan pengalihan ATM bukan hanya dari kalangan usia muda atau produktif tapi banyak para warga lansia (lanjut usia) yang datang dari jarak jauh (desa Pusakajaya Utara dan desa Pusakajaya Selatan) jarak tempuh ke Desa Tanjungsari mencapai radius 5 Km bahkan lebih. Sup/Kop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here